Ukuran Layar Hp Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)

Penjelasan Ukuran Resolusi Layar Dan Jenis Tipe Panel Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)

Sudah tahu pastinya ya.. Ada bermacam-macam jenis ukuran layar dan resolusi Android, yang seiring perkembangan jaman niscaya selalu berganti popularitasnya.

Maksudnya? Misalnya pada tahun 2014, dimana HP dengan layar 4 - 5 inci sangat populer. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya popularitas ukuran layar tersebut berganti menjadi 5.5 - 6 inci yang paling banyak dipakai.

Jenis-jenis ukuran layar HP Android sanggup dikatakan cukup menarik untuk diketahui. Terutama untuk yang mau beli HP.

Karena selain ukuran, terdapat juga hal lain menyerupai resolusi dan jenis panel LCD yang dipakai. Ini akan besar lengan berkuasa ke kenyamanan mata dalam penggunaan waktu yang lama.

Berapa sih jenis ukurannya? Dan berapa saja resolusinya? Kita bahas disini..


Jenis Ukuran Layar HP Android


Penjelasan Ukuran Resolusi Layar Dan Jenis Tipe Panel Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)


Ukuran layar HP Android, rata-rata yang sanggup ditemui yaitu sekitar 3 hingga 7 inchi.


  • Jenis ukuran layar paling sedikit sekitar 3 inchi. Misalnya pada Samsung Galaxy Pocket S5300 dengan ukuran layar 2.8". HP-HP ukuran ini kebanyakan dirilis pada tahun 2012 kebawah, dimana pada tahun-tahun tersebut Android sudah mulai populer.

  • Kemudian pada rentang berikutnya, ada ukuran 3 inchi hingga 4 inchi. Misalnya HP Lenovo A369i (4 Inchi) yang dirilis pada tahun 2013 silam.

  • Dilanjut dengan HP dengan ukuran layar yang lebih besar dari sebelumnya. 4 hingga 5 inchi. Misalnya pada ASUS Zenfone 5 A501CG (2015).

  • Lalu dilanjut lagi dengan ukuran layar yang banyak dikatakan orang-orang paling ideal. 5 hingga 6 inchi. Contohnya ASUS Zenfone Max Pro M1 (5.99").

  • Dan yang terakhir, HP dengan rentang 6 hingga 7 inchi, yang sering disebut sebagai Phablet (Contohnya Xiaomi Redmi Note 7). Ukuran ini sanggup dikatakan sudah maksimal untuk sebuah ponsel. 


Alasan kenapa maksimal ukuran HP itu 7 inchi, sebab diatas ukuran tersebut, akan lebih terkenal disebut sebagai tablet.


Jenis-jenis Ukuran Resolusi HP


Penjelasan Ukuran Resolusi Layar Dan Jenis Tipe Panel Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)


Ada ukuran layar, ada juga resolusi. Ini sanggup dibilang cukup penting untuk dipahami.

Pertama apa itu resolusi? Singkatnya resolusi yaitu jumlah pixels yang terdapat pada layar. Semakin besar resolusi, semakin tajam juga gambar yang dihasilkan layar.

Resolusi ini ada cukup banyak ukurannya. 1280X720, 1920X1080 dan lain-lain. Selain itu terdapat juga penyebutan menyerupai "HD", "Full HD" dan lain-lain (Baca Juga : Cara Mengecek Resolusi + Ukuran Layar Android).



Ukuran Resolusi Penyebutan Contoh Perangkat
240X320 QVGA (Quarter VGA) Samsung Galaxy Y S5360
320X480 HVGA (Half VGA) Samsung Galaxy Ace S6802
480X854 FWVGA (Full Wide VGA) Lenovo A516
640X960 qHD (Quarter HD) Lenovo A850
720X1280 HD (High Definition) Huawei Ascend G7
1920X1080 Full HD OnePlus 3
1920X2160 Full HD+ ASUS Zenfone Max Pro M11
2560X1440 2K / QHD (Quad HD) Samsung Galaxy S7
3840X2160 4K / UHD (Ultra HD) Sony Xperia XZ Premium


Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis resolusi yang belum tertulis. Alasannya mengingat resolusi-resolusi tersebut hanya digunakan di beberapa jenis Smartphone saja (Kurang umum).

Anda sanggup eksklusif melihat misalnya dengan cara searching perangkatnya.

Nah, walau ada banyak jenisnya, ukuran resolusi yang paling umum ditemukan hanya 4 dikala ini. Yakni HD, Full HD (Termasuk Full HD+), 2K dan 4K. Kita bahas 4 resolusi ini dibawah :


1. HD


Merupakan kependekan dari High Definiton, merupakan resolusi layar yang banyak ditemukan di HP mainstream dibawah 1 jutaan.

Layar HD sanggup menampilkan gambar yang jelas, dan merupakan standar resolusi yang paling banyak ditemukan dikala ini.


2. Full HD


Merupakan pengembangan dari layar HD. Resolusi layar ini banyak ditemukan di HP rentang harga 1 juta hingga 3 juta.

Bahkan semakin lama, semakin banyak juga HP murah (Dibawah 1 juta) yang sudah mengusung ukuran resolusi layar ini.


3. 2K


Memiliki minimal ukuran resolusi layar sebesar 2560X1440. Kebanyakan ditemukan di HP-HP kelas premium atau flagship di harga 4 juta keatas.

HP dengan resolusi ini biasanya mempunyai kualitas kamera yang mumpuni, dikarenakan layarnya mendukung untuk menampilkan foto dengan ketajaman yang tinggi.


4. 4K


Merupakan jenis resolusi tertinggi yang 'saat ini' paling sering ditemui di HP-HP kelas Flagship.

Soal ketajaman layar, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena jenis panel yang digunakan juga selalu berkualitas tinggi.


Tipe Panel Layar Android


Penjelasan Ukuran Resolusi Layar Dan Jenis Tipe Panel Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)


Layar HP Android juga mempunyai tipe panel LCD yang digunakan. Selain resolusi, panel ini juga akan besar lengan berkuasa terhadap tampilan warna dan kecerahan layar.

Umumnya ada 4 tipe panel yang sanggup kita temui dikala ini, yaitu :


1. LCD


LCD yaitu kependekan dari Liquid Crystal Display. Layar ini sangat terkenal digunakan di HP-HP mainstream dikarenakan biaya produksinya yang murah.

Backlight yang menyinari seluruh layar, menciptakan panel LCD sanggup dibilang sudah sangat terang untuk dilihat. Namun LCD masih sedikit kurang manis dalam sisi akurasi warna.


2. TFT LCD


TFT merupakan kependekan dari Thin Film Transistor. TFT yaitu pengembangan lain dari tipe panel LCD biasa.

Dari segi kecerahan (Kontras), TFT sudah lebih baik dari tipe panel LCD biasa. Harga produksinya juga lebih murah. Namun masih tidak lebih terang dari segi akurasi warna.


3. IPS LCD


Adalah kependekan dari In-Plane Switching. Merupakan pengembangan dari TFT LCD. IPS mempunyai kontras warna yang bagus, serta akurasi warna yang bagus.

Jenis layar ini banyak digunakan di Smartphone kelas mainstream hingga mid (Menengah), dengan resolusi HD hingga full HD.


4. OLED


Singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Tipe layar ini sanggup dibilang yang paling 'hemat baterai' sebab kondisinya 'selalu tidak menyala' kecuali ketika dilewati arus daya.

OLED punya dua tipe. Yakni AMOLED dan SUPER AMOLED. Keduanya merupakan pengembangan dari panel OLED, dan mempunyai kualitas layar yang sangat bagus. Baik itu dari segi warna, akurasi maupun kontras.




Contoh Video Beda LCD Dengan AMOLED


Sebagai gambaran, mungkin Anda sanggup mencoba melihat video ini. Videonya berbahasa Indonesia dari channel Andro VZ.




Disana akan terlihat perbedaan jenis warna yang dihasilkan.


Apa Itu PPI Density Pada Smartphone?


Penjelasan Ukuran Resolusi Layar Dan Jenis Tipe Panel Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)

Setelah berbicara soal ukuran layar, resolusi dan jenisnya, yang akan saya bahas disini yaitu pixel density atau lebih tepatnya PPI.

PPI ini mengacu kepada seberapa banyak pixel dalam satuan inchi pada layar. Semakin tinggi dan semakin padat nilai PPI, semakin jernih pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Ada 4 jenis standar PPI pada Smartphone yang biasa ditemui kini :


  • Resolusi layar HD = 290 - 300+ PPI (Contoh : Asus Zenfone 5 2015)
  • Resolusi layar Full HD = 300+ hingga 400 PPI+ (Contoh : Lenovo Vibe K5+)
  • Resolusi layar 2K = 500 PPI+ (Contoh : Samsung S7 Edge)
  • Resolusi Layar 4K = 700 PPI+ (Contoh : Sony Xperia XZ2 Premium)



Kepadatan PPI kembali lagi ke pabrik Smartphone masing-masing. Karena sanggup saja ada pengaturan berbeda di layar beberapa tipe HP berbeda.




Penutup...


Penjelasan ukuran layar HP Android, resolusi serta jenis panelnya memang penting untuk diketahui. Untuk yang ingin beli Smartphone terutama, jadi kita sanggup mendapat gambaran, HP apa yang kira-kira cocok dengan kebutuhan?

Penjelasan disini sudah saya coba buat selengkap mungkin. Dan sebisa mungkin juga saya buat semoga gampang dipahami. Karena artikel ini saya tujukan untuk yang masih awam.. Makara kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga bermanfaat.

0 komentar