Apa Itu Mifi? Ini Klarifikasi + Cara Memakai Mifi | Lengkap

Apa Itu MIFI Dan Bagaimana Cara Menggunakan MIFI Apa Itu MIFI? Ini Penjelasan + Cara Menggunakan MIFI | Lengkap

Apa itu MIFI? Di situs ini aku sempat menyebut perangkat tersebut beberapa kali. Namun terkadang aku kurang spesifik dalam menjelaskannya.

Alhasil pastinya tidak mengecewakan banyak pengunjung situs ini yang bingung. Terutama bagi mereka yang gres dengar nama perangkat tersebut.

Sebenarnya sih beda dengan beberapa tahun belakang, ketika ini MIFI sanggup dibilang yaitu salah satu perangkat yang sudah banyak dikenal.

Kalau Anda suka membuka Marketplace (Situs jual beli online), ada banyak Toko yang menjual MIFI.

Bahkan terkadang terdapat juga Flash Sale yang menjual MIFI dengan harga murah.

Nah, buat yang masih belum tahu perihal apa itu MIFI, fungsi, cara menggunakan MIFI, beda kecepatan dan sejenisnya, disini aku ingin menjelaskannya.

Kebetulan aku juga yaitu pengguna yang hampir setiap hari menggunakan perangkat ini semenjak lama. Kaprikornus sudah cukup tidak mengecewakan kenal.



Apa Itu MIFI?


MIFI yaitu sebuah modem mobile. Fungsinya ialah untuk menciptakan Hotspot yang bersifat portabel menggunakan koneksi data seluler, sehingga sanggup dibawa kemana-mana.

MIFI sendiri yaitu sebuah singkatan. Kalau berdasarkan Wikipedia, asalnya dari sebuah perusahaan yang sebelumnya diketahui berjulukan Novatel Wirelless. Walau di sebagian tempat, ada juga yang menyebut WIFI sebagai Mobile MIFI, My WIFI dan lain-lain.

Cara kerja MIFI ini kurang lebih sama menyerupai modem. Kita harus memasukkan terlebih dahulu kartu SIM, lalu mengaktifkan modemnya.

Saat itulah Hotspot akan pribadi menyala, dan sanggup disambungkan untuk banyak perangkat sekaligus.

Kalau Anda tahu soal Tethering Hotspot di HP Android, kurang lebih menyerupai mirip itu.


Apa Kelebihan Modem MIFI?



Namanya perangkat, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, khusus untuk kelebihan MIFI, dari pengalaman aku sebagai pengguna, beberapa diantaranya yaitu menyerupai berikut :


  • Kecepatan Internet Lebih Cepat : Kecepatan modem MIFI sanggup dibilang cukup cepat. Tidak heran sebab modemnya memang sudah didesain untuk disambungkan hingga puluhan perangkat sekaligus.
  • Lebih Fleksibel Dalam Membuat Hotspot : Agak repot kalau terus menggunakan Tethering. Tapi dengan MIFI, kita hanya perlu memasukkan kartu lalu menyalakan modemnya. Maka otomatis Hotspot akan aktif. Ditambah penggunaan baterainya juga sanggup dibilang lebih hemat.
  • Sinyal Lebih Kuat : Untuk beberapa jenis modem, ada yang sudah didesain untuk menangkap sinyal dalam performa yang maksimal.
  • Ping Lebih Stabil : Jumlah ping dari modem WIFI, dari pengalaman aku cukup baik. Rata-rata dibawah 50ms.
  • Dan lain-lain.
 
 
Sedikit catatan, kelebihan diatas juga tergantung dari perangkat MIFI yang digunakan, serta kualitas provider yang digunakan di daerah dimana Anda tinggal.


Bagaimana Cara Menggunakan MIFI?


Apa Itu MIFI Dan Bagaimana Cara Menggunakan MIFI Apa Itu MIFI? Ini Penjelasan + Cara Menggunakan MIFI | Lengkap

Cara menggunakan MIFI tidaklah sulit. Seperti yang aku bilang tadi, Anda tinggal memasukkan saja sebuah kartu SIM kedalamnya. Langkah-langkahnya :


Bahan Yang Dibutuhkan :


  • Kartu SIM dengan kuota internet yang sudah aktif.
  • Buku petunjuk (Optional, nanti aku jelaskan).


Caranya :


1. Pertama silakan lepas terlebih dahulu casing belakang modem. Disana nanti akan terdapat baterai.

2. Kemudian lepas baterainya. Nah, didalamnya terdapat slot untuk memasukkan kartu SIM.

3. Masukkan kartu SIM disana.

4. Jika sudah, pasang kembali baterai dan casing MIFI.

5. Kemudian nyalakan MIFI.

6. Tunggu beberapa ketika hingga Hotspot dari MIFI sudah aktif.

7. Setelah itu Anda sanggup pribadi menyambungkan perangkat yang diinginkan dari MIFI tersebut.


Untuk menyambungkan WIFInya diperlukan password. Dan kalau Anda gres beli modem MIFI dan gres sekali ini pakai, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu password bawaan dari modem tersebut.

Cara ceknya coba buka Buku Petunjuk. Disana biasanya akan terdapat informasinya. Kalau di modem aku sendiri letaknya ada di sticker serpihan belakang casing.


Cara Isi Ulang MIFI


Untuk mengisi ulang MIFI tolong-menolong sama menyerupai ketika Anda ingin membeli paket internet menyerupai biasa. Karena intinya disini kita menggunakan kartu SIM.

Kaprikornus caranya Anda sanggup coba lepas kartu SIM-nya, lalu masukkan ke HP yang Anda punya. Anda sanggup membeli pulsa, atau membeli paket internet sesuai kebutuhan.

Jika sudah, Anda hanya perlu mengembalikan kartunya kedalam modem.


Fitur Pada MIFI


Apa Itu MIFI Dan Bagaimana Cara Menggunakan MIFI Apa Itu MIFI? Ini Penjelasan + Cara Menggunakan MIFI | Lengkap

Fungsi dasarnya memang untuk menciptakan Hotspot portabel. Tapi di MIFI terdapat juga fitur-fitur lain yang sanggup Anda coba.

Pertama, sehabis perangkat tersambung ke MIFI, coba buka browser lalu masuk ke alamat 192.168.1.1. Ini yaitu halaman Admin yang berfungsi untuk mengatur konfigurasi modem (Jika alamatnya tidak sanggup diakses, coba cek buku panduan).

Di halaman ini terdapat banyak fitur yang sanggup Anda coba. Diantaranya mengatur fungsi jaringan, mereset WIFI, restart modem, melihat Password WIFI, Mengirim SMS, Memblokir perangkat dan masih banyak lagi.


Beda WIFI Dan MIFI


Apa Itu MIFI Dan Bagaimana Cara Menggunakan MIFI Apa Itu MIFI? Ini Penjelasan + Cara Menggunakan MIFI | Lengkap

Setelah membaca pembahasan diatas, kini Anda sudah tahu pastinya perihal fungsi dan cara kerja MIFI.

Nah, disini ada sedikit pertanyaan yang banyak diajukan oleh orang-orang yang tertarik ingin membeli MIFI. Yaitu apa beda WIFI dengan MIFI?

Singkatnya begini.. 


  • WIFI yang dimaksud disini ialah Provider yang menyediakan koneksi internet via instalasi jaringan (Biasanya via kabel), dan lalu disambungkan ke router.

  • Sedangkan MIFI yaitu modem WIFI yang sumber koneksi internetnya berasal dari kartu SIM (Operator seluler).
  

Kaprikornus sanggup dibilang berbeda. 


Berapa Harga Modem MIFI?


Harga modem MIFI sanggup dibilang bervariasi. Mulai dari 200 ribuan hingga lebih dari 1 juta.

Semuanya mempunyai kelebihan masing-masing. Mulai dari segi keamanan, deteksi sinyal, hingga paket yang ditawarkan oleh provider.

Tidak banyak panduan niscaya untuk cara memilihnya. Anda sanggup menyesuaikannya sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.


Penutup...


Penjelasan perihal "apa itu MIFI" disini biar sanggup menciptakan Anda paham perihal jenis modem ini.

Soalnya untuk sebagian kalangan, modem MIFI kini semakin dibutuhkan. Terutama bagi mereka yang sering bepergian dengan membawa lebih dari 1 perangkat gadget.

Kurang lebihnya mohon maaf, biar bermanfaat.

0 komentar