Hp Tidak Dapat Root? Ini Penyebab Dan Solusinya

Root HP Android, punya kelebihan tersendiri. Kita sanggup menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu, yang tentunya akan bermanfaat dalam pemakaian sehari-hari.

Untuk proses rooting sendiri nggaklah sulit. Kita sanggup menggunakan Aplikasi tertentu, melalui recovery, atau menggunakan Komputer sebagai salah satu media.

Sayangnya, nggak sedikit juga orang yang mengalami proses root yang gagal. Misalnya di artikel Manfaat dan Fungsi Root, saya telah menerima beberapa komentar ihwal HP tidak sanggup di root.


 Kita sanggup menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu HP Tidak Bisa Root? Ini Penyebab Dan Solusinya


Supaya nggak perlu membalas komentar yang ada disana satu-satu, disini eksklusif saja ingin saya bahas ihwal penyebabnya, dan apa solusinya.

Karena selain dari komentar artikel tadi, di lembaga Gadget problem ini juga sering ditanyakan para member disana.

Cek satu-satu..


Penyebab HP Yang Tidak Bisa Di Root


Mungkin 80% HP Android dikala ini sudah sanggup di root. Dari keluaran usang hingga keluaran terbaru.

Seperti yang saya bilang, untuk melaksanakan root, kita sanggup menggunakan suatu Aplikasi (Aplikasi Root), melalui recovery atau menggunakan Komputer. Kesimpulannya, metodenya berbeda-beda.

Nah, untuk penyebabnya berdasarkan saya singkat sekali. Yakni lantaran metode root yang digunakan kurang sesuai atau kurang cocok dengan HP yang dipakai.

Misalnya Anda sanggup menggunakan dua cara. Satu lewat Recovery, Dua lewat Komputer. Kalau lewat Recovery nggak bisa, ya berarti harus menggunakan Komputer.

Oh ya, untuk beberapa HP ada juga yang proses rootnya harus unlock Bootloader dulu (Contohnya ibarat HP Xiaomi). Kalau belum unlock, prosesnya akan gagal nanti.


Solusi HP Yang Gagal Root


Untuk mengatasinya, tentu kita harus mengganti metode cara rootnya. Well, sayangnya metodenya ada aneka macam bukan?

Untuk ini, Anda sanggup coba Googling cara root sesuai dengan brand dan tipe HP yang digunakan (Harus detail). Biasanya akan tersedia beberapa tutorial disana.

Rekomendasi lain dari saya, sanggup coba gabung ke lembaga (Grup) pengguna tipe HP Anda. Di Grup tersebut niscaya sudah ada sebagian member yang root HPnya. Kaprikornus sanggup coba tanya-tanya.

Forumnya cari dimana? Grupnya cari dimana? Kalau yang ini bebas. Tapi saya pribadi menyarankan untuk mencarinya di Facebook. Disana aneka macam grupnya.


Gambaran Proses Root Android


Solusi pastinya bekerjsama ada di pembahasan sebelumnya. Disini saya hanya ingin menjelaskan metode yang biasa digunakan sebagai gambaran.

Karena buat yang masih awam, niscaya belum tahu bagaimana proses dan langkah-langkahnya.


1. Menggunakan Aplikasi Root


 Kita sanggup menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu HP Tidak Bisa Root? Ini Penyebab Dan Solusinya


Aplikasi root ini ada beberapa yang biasa dipakai. Contohnya ibarat Kingroot, Framaroot, Kingoroot dan lain-lain.

Bedanya apa? Nah bedanya ada pada Support tipe HP, serta Chipset (Komponen) yang digunakan HP. Kaprikornus nggak heran, kalau tipe yang mau di root nggak cocok, maka prosesnya akan gagal.

Well, untuk cara rootnya sendiri nggak sulit. Kita tinggal membuka Aplikasinya, kemudian menekan tombol Root. Cukup dengan 1 klik, proses akan berjalan.

Setelahnya HP akan restart, jikalau sudah maka fungsi root sudah sanggup dipakai.


2. Melalui Recovery


 Kita sanggup menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu HP Tidak Bisa Root? Ini Penyebab Dan Solusinya
File Root Untuk Recovery


Untuk lewat Recovery ini biasa digunakan file .zip. File-file ini isinya konfigurasi root, yang tentunya beda-beda pada setiap tipe HP. Kaprikornus sanggup dibilang harus spesifik.

Anda sanggup menggunakan metode root lewat recovery ini, dengan mencari dulu file .zip yang dibutuhkan. Caranya sanggup lewat lembaga XDA atau bergabung dengan lembaga / grup sesuai tipe HP.

Untuk langkah-langkahnya nggak sulit. Kita hanya perlu masuk Recovery menggunakan tombol kombinasi, kemudian menginstall file .zip yang sebelumnya sudah tersimpan di kartu memori.


3. Memakai Komputer


 Kita sanggup menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu HP Tidak Bisa Root? Ini Penyebab Dan Solusinya


Root menggunakan Komputer, bekerjsama nggak jauh dengan menggunakan Aplikasi ibarat yang ada poin nomor satu tadi. Bedanya, metode yang ada kadang lebih banyak.

Untuk langkah-langkahnya kita hanya perlu menyambungkan HP ke Komputer, kemudian buka Aplikasi root yang dibutuhkan.

Setelahnya ikuti petunjuk yang diberikan Aplikasi. Setelah prosesnya selesai, maka jalan masuk root sudah sanggup didapat.


Solusi Lain Kalau Proses Root Gagal


Bagaimana kalau metodenya sudah benar? Bagaimana kalau sudah coba lewat Recovery, Komputer atau Aplikasi masih belum berhasil?

Untuk hal ini saya punya 5 solusi yang sanggup diberikan. Yaitu :


Nyalakan Koneksi Internet : Untuk metode menggunakan Aplikasi Android, koneksi internet harus dinyalakan. Karena sebelum proses root berjalan, Aplikasi ini akan memuat data dari database.

Nyalakan Fungsi Unknown Source : Fungsi ini sanggup diaktifkan di Setelan > Keamanan > Lalu centang pada kolom Unknown Source.

Reset HP Terlebih Dahulu : Sebenarnya nggak harus. Namun solusi ini sanggup coba dilakukan, lantaran beberapa waktu kadang efektif. Yang penting, backup saja dulu datanya.

Pastikan USB Terbaca : Untuk yang menggunakan metode root lewat Komputer, HP harus dipastikan terbaca. Bisa coba cek lewat Device Manager (Cari lewat kolom Search).

Pastikan File .Zip Sudah Benar : Kalau menggunakan metode lewat Recovery gagal, biasanya disebabkan lantaran File .zip salah. Coba ganti lagi Filenya.


Oh ya, ada sebelum melaksanakan root, pastikan baterai HP penuh, supaya nggak tiba-tiba mati waktu dalam proses. Biasanya kalau gagal, HP akan jadi Bootloop atau stuck di logo. Masih sanggup diperbaiki kok, tapi repot kan nantinya? hehe..

Lalu pastikan juga Data penting sudah disimpan di perangkat lain. Sebenarnya proses root ini nggak menghilangkan Data. Namun untuk jaga-jaga, misalnya barangkali HP kena problem Bootloop tadi (Supaya nggak repot ngambil ulang datanya).


Penutup...


Memperbaiki HP tidak sanggup root, bekerjsama nggak susah. Yang utama perlu diperhatikan hanyalah metode rootnya harus benar.

Saya sendiri hingga dikala ini selalu berhasil waktu root HP saya. Dari HP keluaran lama, hingga yang agak baru.

Ngomong-ngomong, kalau Anda galau pakai metode yang mana, coba komentar dibawah, brand dan tipe HP yang dipakai. Nanti semoga saya carikan yang paling cocok.

Semoga bermanfaat.

0 komentar