(+Solusi) 4 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Baterai HP Berkurang Padahal Tidak Dipakai (+Solusi) 4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Baterai HP memang rata-rata semakin besar kapasitasnya semakin usang juga daya tahannya. Ini kuat ke penggunaan harian nantinya.

Normalnya presentase baterai berkurang hanya ketika sedang dipakai.

Namun ada juga duduk kasus ibarat baterai HP yang cepat habis atau tiba-tiba habis, padahal tidak digunakan sama sekali (Dalam keadaan mati).

Masalah ini terdapat di dua HP usang saya, yang satu jangka pemakaiannya sudah 5 tahun, dan satu lagi hampir 3 tahun.

Dalam kondisi stand-by, presentase baterai berkurang cepat sekali. Dalam waktu 6 jam misalnya.. Dari 80% bisa-bisa tersisa 30% saja.

Ini tentu nggak normal. Karena rata-rata HP dalam keadaan layar mati, itu sanggup tahan seharian penuh.




Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai


Di artikel ini saya ingin sedikit membahas beberapa penyebab yang paling sering ditemui pada duduk kasus baterai HP yang suka habis sendiri.

Karena saya yakin, banyak pengguna Android yang mengalaminya juga.

Terutama di HP-HP usang ibarat yang saya gunakan.


1. Baterai HP Sudah Mulai Rusak


Baterai HP Berkurang Padahal Tidak Dipakai (+Solusi) 4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai
Cek kesehatan baterai dengan AccuBattery


Daya tahan dari keseluruhan kapasitas baterai itu semakin usang akan semakin berkurang, yang artinya jangka waktu pemakaiannya juga akan semakin pendek.

Namun yang saya maksud 'Sudah mulai rusak' disini yaitu muncul masalah-masalah tertentu dari baterai. Misalnya baterai yang suka habis sendiri, hingga HP tiba-tiba mati.

Khusus untuk duduk kasus baterai yang suka tiba-tiba habis, biasanya dikarenakan baterai yang kembung atau fisiknya sudah berubah.

Inilah yang terjadi di HP saya. Di HP pertama baterai sanggup berkurang dari 50% ke 3% dalam waktu 4 jam. Dan yang kedua lebih-lebih, dari 70% ke 0% hanya dalam waktu 2 jam saja (Keduanya dalam keadaan mati).

Coba cek deh baterai HP Anda. Periksa fisiknya apakah masih bagus? Termasuk untuk pengguna baterai tanam, coba lepas casing belakang HP-nya (Baca Juga : Cara Mengecek Kesehatan Baterai Tanam).


2. Terlalu Banyak Aplikasi Terinstall


Baterai HP Berkurang Padahal Tidak Dipakai (+Solusi) 4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai


Saat layar HP dalam keadaan mati (Stand-by), bantu-membantu aplikasi-aplikasi tertentu masih berjalan tanpa kita ketahui. Ini disebut sebagai aplikasi background services (Latar belakang).

Karena memakan memori (RAM), Aplikasi jenis ini akan sangat menguras daya tahan baterai. Apalagi kalau jumlahnya ada banyak + baterai HP Anda sudah nggak normal lagi.

Untuk pola Aplikasinya ibarat Browser, Alarm, Panggilan, Aplikasi Chatting dan Media Sosial.


3. Baterai Perlu Di-Kalibrasi Ulang


Baterai HP Berkurang Padahal Tidak Dipakai (+Solusi) 4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai
Kalibrasi baterai dengan Aplikasi Battery Calibration

Pola pengisian daya yang salah akan menyebabkan presentase baterai menjadi error. Ini akan kuat ke baterai yang menjadi cepat habis.

Misalnya Anda ngecas baterai hingga 100%.. Tapi lantaran presentase yang ditunjukkan salah, angka tersebut bukanlah 100% melainkan masih 70%. Sehingga tidak heran kalau baterai sanggup tiba-tiba berkurang drastis hingga 40%. 

Untuk mengatasi ini perlu dilakukan proses kalibrasi.


4. HP Dalam Keadaan Panas


Baterai HP Berkurang Padahal Tidak Dipakai (+Solusi) 4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai
Cek suhu HP dengan Aplikasi CPU Monitor


HP yang dalam keadaan panas, akan menurunkan kapasitas baterai tanpa kita sadari.

Biasanya ini terjadi waktu HP habis digunakan main game dimana panas yang dihasilkan HP belum sepenuhnya keluar.

Efeknya meskipun layar dimatikan, baterai akan terkuras terus menerus.


Cara Mengatasi Baterai HP Habis Sendiri Meskipun Sudah Dalam Keadaan Mati


Untuk solusinya, salah satu cara yang sanggup dilakukan ialah fokus untuk mengatasi penyebab-penyebab yang saya bilang tadi.

Nah, berikut pembahasannya.. Cara mengatasi baterai HP suka habis sendiri dalam keadaan mati. Yang biar sanggup sukses Anda terapkan tanpa masalah.


1. Ganti Dulu Baterai HP Anda


Berapa sih masa pakai ideal baterai? Ternyata ada banyak pendapat soal ini. Ada yang bilang 'Asalkan baterai belum rusak', ada juga yang bilang 'maksimal 1 tahun harus diganti'.

Hal tersebut sanggup dikembalikan ke masing-masing. Namun kalau Anda sedang mengalami duduk kasus baterai cepat habis padahal tidak digunakan, maka tentunya Anda harus mengganti baterainya. Apalagi kalau baterainya sudah kembung, dan fisiknya sudah kurang bagus.

Oh ya, kalau mau beli, lebih baik cari yang original. Alasannya ada juga orang yang menanyakan baterai gres yang dibeli suka cepat habis.

Ini disebabkan lantaran kapasitas yang tidak real dari baterai tersebut.


2. Kurangi Aplikasi Background Terinstall


Untuk mengatasi aplikasi yang terlalu banyak berjalan, tentu kita hanya perlu menguranginya. Caranya ikuti langkah ini :


  1. Buka Setelan > Cari Memori
  2. Disana Anda akan melihat aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan
  3. Catat aplikasi-aplikasi tersebut (Yang kira-kira kurang penting)



Kemudian lanjut manage aplikasi yang telah dicatat.. Melalui :


  1. Buka Setelan > Lalu masuk ke sajian Aplikasi
  2. Setelah itu cari Aplikasi yang telah dicatat tadi
  3. Klik Force Stop untuk menghentikan Aplikasinya
  4. Jika Anda ingin menghapusnya, cukup klik Hapus Pemasangan


Dengan begitu aplikasi-aplikasi background tadi tidak akan berjalan lagi.

Untuk metode Force Stop sendiri ini hanya akan memberhentikan Aplikasi. Dan Aplikasi masih sanggup berjalan normal jikalau Anda membukanya kembali.

Oh ya, untuk sajian Setelan > Memori, mungkin tidak ada di beberapa pengaturan HP. Solusinya coba pakai Aplikasi pengecek penggunaan RAM (Bisa dicari di Playstore).


3. Kalibrasi Ulang Baterai


Proses kalibrasi baterai, berfungsi untuk memperbaiki presentase baterai yang tadinya error menjadi normal lagi. Proses ini sanggup dilakukan secara manual dan menggunakan Aplikasi.

Di internet bantu-membantu sudah banyak caranya. Atau Anda sanggup coba baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya, cara kalibrasi baterai HP Android.

Anda sanggup melihat bedanya nanti sehabis baterai dikalibrasi. Biasanya error daya tahan pada waktu HP dimatikan sanggup teratasi.


4. Matikan Fitur HP Yang Tidak Perlu



Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang, fitur-fitur HP juga sanggup menghabiskan daya kapasitas baterai tanpa disadari lho.. Contohnya ibarat :


  • GPS
  • WIFI
  • Data Seluler
  • Bluetooth



Anda sanggup mematikan fitur-fitur tersebut, atau setidaknya menguranginya supaya tidak berjalan bersamaan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan.


5. Dinginkan HP Ketika Dalam Keadaan Panas



Penyebab dari HP panas ini sangat bermacam-macam. Bisa lantaran sistem yang nggak stabil, hingga lantaran bawaan Chipset HP yang kurang optimal.

Untuk mengatasinya sanggup pakai cara simpel. Berhentikan aplikasi yang tidak perlu, kemudian matikan juga fitur HP yang tidak dipakai.

Kemudian pakai HP dengan brightness yang dioptimalkan (Jangan terlalu terang), dan selalu dinginkan HP secara manual kalau sudah terasa panas.

Terutama waktu HP ingin dimatikan, tujuannya supaya baterai tidak terkuras dayanya.



Penutup...


Baterai HP cepat habis padahal dalam keadaan mati.. Banyak yang resah dengan duduk kasus ini, dikarenakan penyebabnya yang susah dicari.

Dengan adanya artikel ini, dibutuhkan Anda sanggup mengerti penyebabnya, sekaligus sanggup eksklusif menerapkan solusinya.

Saya sendiri ketika ini kondisi HP yang baterainya cepat habis tadi sudah normal lagi. Walau harus diganti baterainya.

0 komentar