Layar Hp Berbayang? Shadow Burn-In? Bisakah Diperbaiki?

Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang. Bahkan, ketika HP tersebut hanya digunakan dalam jangka waktu 1 - 2 ahad saja.

Masalah ini biasanya ditemukan di HP-HP keluaran gres (Tentu saja tidak semua). Dan kadang sanggup terjadi juga di HP lama.

Masalah layar HP berbayang ini dekat kaitannya dengan kerusakan LCD. Yang notabene kebanyakan harus diganti.

 Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang Layar HP Berbayang? Shadow Burn-in? Bisakah Diperbaiki?

Sebenarnya ada lho, istilah yang digunakan untuk menyebut bayangan pada HP ini. Yakni Screen Burn-in.

Burn yang dimaksud disini bukanlah layarnya yang terbakar. Melainkan cirinya ialah pada layar yang kondisi cerah, terlihat ada garis atau sedikit bayangan hitam, yang semakin terang ketika kita mengetes kondisi layar.

Kenapa layar sanggup terkena burn-in?


Apa Sih Penyebab Dari LCD Burn-In?


 Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang Layar HP Berbayang? Shadow Burn-in? Bisakah Diperbaiki?

Penyebab dari LCD HP berbayang ini kebanyakan berasal dari defect atau kerusakan pribadi yang tidak sengaja dari pabrik. Asalnya sendiri berasal dari pixel HP yang bermasalah dan tidak mengeluarkan warna + cahaya yang semestinya.

Masalah bayangan pada layar HP ini biasanya ditemui di LCD tipe tertentu, yang sering kita temui dikala ini di HP-HP keluaran baru.

Untuk contohnya menyerupai yang aku bilang tadi. Terdapat garis atau bayangan hitam pada layar HP.

Dan sanggup juga menyerupai ada 'bayangan' tertinggal dari suatu aplikasi. Misalnya Anda membuka browser, kemudian menutupnya. Nah, browser tersebut terlihat menyerupai masih tampil (Ada bayangan browser).


Bisakah Kita Memperbaiki Layar HP berbayang?


 Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang Layar HP Berbayang? Shadow Burn-in? Bisakah Diperbaiki?

Walau asalnya dari defect, kadang ada juga duduk kasus LCD yang kurang terpasang dengan benar. Alhasil ini sanggup menciptakan kecerahan layar jadi terganggu, bahkan dalam jangka beberapa waktu, sanggup saja layar HP menjadi blank.

Jika HP Anda memang sudah tidak ada garansi, Anda sanggup mencoba untuk membongkar HP kemudian membersihkan LCD. Bisa memakai contact cleaner untuk membersihkan bagian-bagian yang barangkali membutuhkan.

Tapi, jikalau HP Anda masih gres dan masih bergaransi, disarankan untuk pribadi membawa HP tersebut ke Service Center.

Kenapa? Karena duduk kasus burn-in disini kalau sumbernya dari pixel yang rusak, maka rata-rata solusinya harus diganti LCD dengan yang baru. Apalagi kita juga tidak tahu, apakah penyebabnya dari LCD yang kurang pas, atau dari pixel bukan?

Untuk proses perbaikannya sendiri tergantung. Ada yang cepat ada yang lama. Bahkan ada juga Service Center yang pribadi mengganti unit HP layar burn-in tadi ke yang baru.


Aplikasi Untuk Mengurangi Layar Burn-in


Untuk metode perbaikannya, memang bekerjasama dengan komponen. Walau begitu di Google Playstore, juga ada beberapa aplikasi yang sanggup membantu untuk mengurangi duduk kasus bayangan pada layar.

Rekomendasi aku disini, Anda sanggup coba aplikasi Blue-Light Filter. Pada dasarnya aplikasi ini berfungsi untuk mengurangi cahaya biru pada HP (Untuk menjaga kenyamanan mata).


 Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang Layar HP Berbayang? Shadow Burn-in? Bisakah Diperbaiki?


Terus kenapa sanggup jadi rekomendasi? Alasannya lantaran duduk kasus pixel dari layar berbayang itu kebanyakan dari yang berwarna biru.

Sehingga dengan mengurangi cahaya berwarna biru, HP akan lebih banyak menampilkan warna lainnya (Dengan catatan, mungkin layar akan terlihat berwarna lebih kuning).





Cara Menghindari HP Layar Berbayang


 Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami duduk kasus layar berbayang Layar HP Berbayang? Shadow Burn-in? Bisakah Diperbaiki?


Memang agak sedikit sulit untuk memperbaiki layar HP berbayang alias burn-in. Apalagi jikalau memang disebabkan lantaran unit pixel rusak.

Tapi tidak perlu terlalu khawatir, disini ada beberapa tips yang sanggup Anda gunakan untuk menghindari duduk kasus ini.

Yaitu :


Jangan Setting Brightness Sampai Full : Pengaturan kecerahan layar, harus diatur sedemikian rupa biar tidak hingga full. Masalah pada pixel ini kebanyakan muncul dikala kondisi LCD terlalu terang. Tidak ada berapa nilai niscaya untuk settingannya. Namun banyak pengguna HP Android menyarankan untuk tidak melewati 50% pada setting brightness.


Kurangi Waktu Hidup Layar : Waktu layar menyala, biasanya diadaptasi pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Tapi jikalau Anda ingin meminimalisir kemungkinan kerusakan layar berbayang, direkomendasikan untuk mengaturnya tidak terlalu usang (1 menit misalnya). Alasannya, lantaran semakin usang layar HP hidup, akan semakin berkurang juga umur LCDnya.


Memakai Fitur Live Wallpaper : Live Wallpaper, ialah fitur Android yang menciptakan Wallpaper jadi berganti-ganti secara otomatis. Salah satu ciri burn-in ialah terdapat bayangan yang berasal dari aplikasi tertentu. Nah, melalui Live Wallpaper ini kemungkinan munculnya bayangan tersebut sanggup dikurangi. Selain itu, Anda juga sanggup memakai Wallpaper dengan warna yang agak gelap.


Setting Keyboard Menjadi Tampilan Warna Gelap : Tujuannya untuk mengurangi gradiasi warna terang pada penggalan bawah layar HP. Caranya sanggup setting ke mode gelap, atau memasang Wallpaper pada Keyboard.


Semua tips tersebut telah direkomendasikan oleh situs-situs teknologi gadget, juga dari komunitas-komunitas pengguna HP Android.






Penutup...


Tidak sedikit orang yang mengalami duduk kasus layar berbayang (Burn-in) di HP yang mereka gunakan. Karena itu, diharakan artikel ini sanggup menjawab pertanyaan dari duduk kasus tersebut.

Pembahasan disini aku tujukan untuk yang masih awam wacana HP. Kaprikornus mohon maaf jikalau ada yang kurang jelas.

Semoga membantu.

0 komentar