(+Gambar) 2 Cara Menonaktifkan 4G Hp Di Semua Brand Android

Jaringan 4G di beberapa pembahasan artikel Android saya sarankan semoga wajib diaktifkan. Karena jaringan ini mempunyai kecepatan yang sangat tinggi serta kualitas ping yang bagus.

Di penggunaan sehari-hari, kecepatan Internet di jaringan 4G yang saya sanggup ada di kisaran 10Mbps (Rata-rata), bahkan di jam-jam ramai (18.00 - 21.00) masih tetap stabil.

Begitupun dengan ping. Rata-rata ping yang saya sanggup ada di kisaran angka 50an bahkan kurang. Memang terkadang melonjak hingga 900+, tapi hanya sesekali saja. Itu juga alasannya kartu SIM saya masukkan ke Modem WIFI, jadi suka digunakan banyak perangkat sekaligus.


 di beberapa pembahasan artikel Android saya sarankan semoga wajib diaktifkan (+Gambar) 2 Cara Menonaktifkan 4G HP Di Semua Merk Android


Tapi perlu digaris bawahi.. Kecepatan + ping yang saya sanggup tersebut sanggup berbeda dengan yang Anda dapat. Semuanya tergantung Provider dan seberapa anggun sinyal di daerah Anda tinggal.

Well.. kalau Anda termasuk orang yang sedang mengalami duduk masalah sinyal 4G yang lambat, ada satu solusi yang dijamin jitu untuk mengatasinya.. Yakni dengan menggantinya ke sinyal 3G / HSPA.

Kenapa sanggup begitu? Alasannya alasannya sinyal 3G perkembangan serta jangkauan sinyalnya lebih luas dari 4G. Sehingga kecepatan Internet yang didapat sanggup lebih stabil nantinya.

Cara ini biasa saya pakai dibeberapa Provider yang 4G-nya kurang anggun di daerah saya tinggal. Begitu internet gangguan, saya ganti jaringannya ke 3G.. Dan hasilnya normal lagi.




Cara Menonaktifkan 4G Di HP Android (Semua Merk)


Secara default, jaringan HP ter-setting otomatis. Makara sinyal sanggup berubah entah itu 2G, 3G atau 4G tergantung tempat.

Namun disini tentu kita sanggup mengubahnya. Supaya 4G menjadi nonaktif dan jaringan terkunci di jaringan 3G saja..

Ikuti 2 cara ini.. Anda sanggup menerapkannya di semua brand HP Android. Sudah saya tes sendiri dan berhasil.

Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Lenovo, ASUS, Huawei dan lain-lain.




1. Melalui Setelan HP Android


 di beberapa pembahasan artikel Android saya sarankan semoga wajib diaktifkan (+Gambar) 2 Cara Menonaktifkan 4G HP Di Semua Merk Android


Di setelan HP Android atau lebih tepatnya pada pengaturan jaringan, kita sanggup mengatur jenis sinyal yang ditangkap HP disana.

Sinyal 2G - 3G - 4G dan lain-lain. Pengaturannya sendiri sanggup ditemukan di semua HP Android, walau mungkin ada beberapa perbedaan letak.

Silakan coba ikuti langkah berikut :


  1. Buka Setelan di HP Anda
  2. Kemudian masuk ke sajian Kartu SIM
  3. Setelah itu pilih Kartu SIM aktif yang Anda pakai
  4. Lalu tap sajian Jaringan Seluler
  5. Pilih Jenis Jaringan
  6. Lalu ganti ke 3G


 di beberapa pembahasan artikel Android saya sarankan semoga wajib diaktifkan (+Gambar) 2 Cara Menonaktifkan 4G HP Di Semua Merk Android


Tunggu beberapa ketika hingga HP selesai melaksanakan adaptasi ulang sinyal. Jika sudah, maka jaringan akan terganti ke 3G / HSPA+ dan 4G akan menjadi nonaktif.

Seperti yang saya bilang, mungkin ada beberapa perbedaan letak pengaturan. Makara sanggup di cek variasinya disini :


  • Setelan > Kartu SIM > SIM 1 / 2 > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal
  • Setelan > Kartu SIM > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal
  • Setelan > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal
  • Setelan > Jaringan Dan Internet > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal



Kalau nggak ada.. Bisa coba cara selanjutnya.


2. Melalui Kode Rahasia Jaringan


 di beberapa pembahasan artikel Android saya sarankan semoga wajib diaktifkan (+Gambar) 2 Cara Menonaktifkan 4G HP Di Semua Merk Android


Kode diam-diam jaringan ini dari hasil tes saya sanggup ditemukan di semua HP Android (Asalkan masih dalam keadaan pabrik / tidak terinstall Custom ROM).

Fungsinya bervariasi. Namun salah satunya yakni untuk mengganti jenis jaringan yang tersetting pada HP.

Bedanya dengan cara pertama, melalui arahan diam-diam ini sanggup dikatakan jauh lebih lengkap. Karena disini akan tersedia semua tipe sinyal yang didukung HP.


  1. Pertama buka Dial Pad (Telepon) di HP Anda
  2. Ketik arahan *#*#4636#*#*
  3. Tunggu beberapa saat.. Nanti akan muncul jendela gres yang otomatis terbuka
  4. Setelah itu ganti jenis jaringan di kolom yang tersedia. Menjadi WCDMA.


Tunggu beberapa saat. Nanti jaringan 4G HP Anda akan mati dan terganti ke 3G.

Kalau saya sendiri bahwasanya menggunakan cara ini kalau ingin konfigurasi sinyal diubah-ubah ke tipe tertentu. Karena pilihannya jauh lebih lengkap.

Sedikit tips, alasannya agak ribet bukanya (Mesti menekan kode), Anda sanggup bikin lebih mudah dengan menggunakan Aplikasi di Playstore. Namanya 4G Network Mode. Fungsinya untuk mengakses setting jaringan ini.


Penutup...


Menonaktifkan jaringan 4G intinya hanya sanggup dilakukan dengan cara mengubah jenis sinyal yang digunakan HP ke 3G. Sehingga dalam waktu yang sama bahwasanya kita hanya mengunci sinyal 3G di HP.

Seperti yang saya bilang, cara ini sanggup diterapkan di semua HP Android. Saya sendiri sudah mengetesnya dan 100% berhasil tanpa ada masalah.

Semoga bermanfaat!

0 komentar