4 Ciri Ic Power Hp Android Yang Rusak + Biaya Gantinya

 Kerusakan HP Android itu intinya dibagi  4 Ciri IC Power HP Android Yang Rusak + Biaya Gantinya


Kerusakan HP Android itu intinya dibagi 2. Yang pertama sistem, yang kedua komponen.

Tapi kalau bicara soal perbaikan, tentu saja problem komponen lebih sulit diperbaiki. Karena problem sistem rata-rata sanggup hilang hanya dengan metode Flashing.

Dan kalau bicara soal komponen, di HP Android terdapat bermacam-macam IC (Integrated Circuit) dengan fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya IC Charger, IC Audio, IC Power dan lain-lain. Namun khusus disini, aku ingin membahas soal IC Power saja.


Apa Itu IC Power?


Seperti namanya, IC ini masih bekerjasama dengan kerja daya ada HP. Fungsinya yaitu untuk membagikan tegangan daya ke komponen lain (Layar HP, sinyal, IC lain, dan sebagainya didalam PCB).

IC Power ini kalau rusak biasanya akrab kaitannya dengan HP yang tidak sanggup menyala. Ditekan tombol power tidak ada respon, dan biasanya kalau di cas tidak muncul jendela charging pada umumnya.

Untuk analoginya, kita anggap saja kipas angin. Kalau kita nyalakan, maka baling-balingnya akan berputar. Tapi kalau rusak, maka tidak berputar. Kurang lebih menyerupai itu.


Kenapa IC Power Bisa Rusak?


 Kerusakan HP Android itu intinya dibagi  4 Ciri IC Power HP Android Yang Rusak + Biaya Gantinya

Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya, kenapa IC Power HP aku sanggup tiba-tiba rusak? Padahal sebelumnya normal saja?

Well.. Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa IC Power ini tiba-tiba tidak sanggup berfungsi tanpa kita sadari. Diantaranya :


HP Terlalu Tua : Komponen HP tentu saja semakin usang akan semakin lemah. Daya kerjanya juga sudah niscaya akan jadi menurun, dan sanggup menciptakan IC didalamnya sanggup rusak kapan saja. Biasanya ditemui di Android usia pemakaian 5 tahun keatas.

HP Di Cas Terlalu Lama : Sebagian besar HP sanggup saja mengalami kerusakan kalau di cas terlalu lama. Misalnya semalaman. Ini sering dialami pengguna HP Android, dan beberapa pengunjung situs ini juga ada yang menanyakannya.

HP Sering Terlalu Panas : Memang ada sebagian chipset HP yang sering mengalami throttling dan overheating. Ini sanggup saja kuat ke komponen lain seiring lamanya pemakaian.

HP Kena Air : Jangan salah, HP kena air juga sanggup menciptakan rusak IC didalam HP. Karena komponen HP itu rentan korosi kalau tidak dibersihkan (Airnya). Kadang sanggup pribadi kena IC atau jalurnya.

Karena Speaker Aktif : Ada juga lho kerusakan IC Power yang disebabkan lantaran HP disambung ke Speaker aktif, dengan tegangan yang jauh berbeda.


Mungkin ada beberapa yang lain lagi. Tapi sebagian besar penyebabnya itu saja.


Ciri Ciri IC Power HP Android Rusak


Ada beberapa ciri IC Power HP Android yang rusak. Dan sebagian yang paling sering ditemui :


1. HP Mati Total


Persis menyerupai yang aku bilang sebelumnya. Jika IC Power rusak, maka salah satu kerusakannya yaitu HP jadi tidak sanggup dinyalakan dan tidak ada respon sama sekali.

Jika sistem HP rusak, biasanya HP masih ada tanda getar. Tapi kalau IC Power rusak, terkadang getaran ini tidak muncul.

Dan kalau di cas, tidak ada notifikasi pengisian sama sekali. Meskipun lampu led notifikasi membuktikan prosesnya sedang berjalan.


2. Sinyal Hilang


Masalah sinyal juga sanggup terjadi kalau IC Power di HP mengalami kerusakan. Dan meskipun kartu SIM diganti, ini tidak akan kuat sama sekali.

Masalah sinyal yang dimaksud disini, yaitu sinyal muncul hilang, tidak stabil, serta tidak mengeluarkan sinyal sama sekali.

Selain sinyal hilang,  kadang SIM tidak terbaca sama sekali.


3. HP Tidak Bisa Mengecas


Selain IC Charger, IC Power rusak juga sanggup menciptakan HP jadi tidak sanggup di cas.

Beda dengan problem mati total di nomor 1 tadi, disana baterai masih sanggup terisi. Namun disini kebalikannya.

Baterai HP tidak akan penuh meskipun kita coba sambungkan charger. Dan notifikasi lampu led pengisian juga tidak aktif sama sekali.


4. Tegangan IC Power Tidak Bekerja Semestinya


Untuk yang ini HP di-tes memakai alat sejenis Power Supply. 

Power Supply yang dimaksud, yaitu yang mempunyai indikator, dengan fungsi untuk mengecek tegangan yang dihasilkan HP.

Cara ceknya disini kita sambungkan Power Supply tersebut ke konektor baterai. Setelah itu nyalakan HP dengan tombol power.

Disini periksa indikator tegangan. Cirinya kalau tidak berubah sesuai (Atau stuck), kemungkinan besar IC Powernya rusak.


Apakah IC Power Bisa Diperbaiki?


Ya, tentu saja bisa. Teknisi HP sanggup mengganti IC Power yang rusak tersebut dengan yang baru. Kaprikornus disini Anda tinggal bawa saja HP ke Service Center.

Tapi sedikit catatan, terkadang ada juga hal yang menciptakan teknisi harus mengganti semua Motherboard HP. Kaprikornus tidak hanya IC Powernya saja.

Contohnya kalau HP kena air. Untuk menghindari korosi.


Berapa Biaya Ganti IC Power HP?


Untuk biaya ganti IC Power HP Android bervariasi. Tergantung dari jenis dan tipe HPnya.

Harga komponennya rata-rata 10 ribu hingga 100 ribu keatas (Tergantung tipe). Kaprikornus dengan biaya pasang mungkin 200 ribu atau lebih.

Khusus kalau Motheboard harus diganti, biasanya sanggup memakan biaya hampir dari harga HPnya sendiri. Dari 600 ribu hingga jutaan rupiah.



Penutup...


Kerusakan IC Power memang tidak sedikit dialami para pengguna Android. Ciri-ciri kerusakannya bermacam-macam, salah satunya yaitu HP tidak sanggup dinyalakan sama sekali.

Informasi ini aku buat untuk Anda yang sedang mencari wacana biaya penggantian IC Power, untuk mengerti fungsi IC Power serta untuk mengetahui ciri-ciri IC Power HP yang rusak.

Kurang lebihnya mohon maaf, supaya bermanfaat.

0 komentar