Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Keuntungannya | Lengkap

Banyak aplikasi-aplikasi Komputer, yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan.

Salah satunya yakni Microsoft Office Word.

Ini yakni aplikasi mengetik yang sudah sangat terkenal, dengan pengguna dari banyak sekali kalangan (Guru, Mahasiswa, Pelajar, Karyawan dan masih banyak lagi).

Well, tapi artikel kali ini bukanlah untuk membahas perihal cara penggunaannya, melainkan perihal fungsi Microsoft Word, pengertian, serta manfaatnya.


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Nah, untuk poinnya kita akan bahas secara berurutan (Supaya lebih gampang dipahami).

Untuk tujuan artikelnya sendiri barangkali ada yang butuh untuk kiprah sekolah, atau hanya ingin tahu saja lebih dalam perihal Office Word ini.

Berikut pembahasannya :


Pengertian Microsoft Office Word


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Microsoft Office Word atau biasa disingkat Microsoft Word dan Office Word, yakni software pengolah kata yang berfungsi untuk membantu proses pembuatan dokumen, ibarat jurnal, makalah, dan lain-lain.

Pertama kali dirilis dengan nama Multi-Tool Word pada tahun 1983, sampai kini Microsoft Office Word masih terus dikembangkan.

Terdapat beberapa sistem yang didukung oleh Office Word. Diantaranya Microsoft Windows, LINUX, Android, iOS dan MacOS.


Fungsi Microsoft Office Word


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Fungsi utama memang digunakan untuk mengetik. Namun Office Word juga mempunyai beberapa fitur lain yang membuatnya sanggup digunakan untuk banyak sekali hal. Diantaranya :


Membuat Dokumen : Pembuatan dokumen dilakukan secara digital, sehingga sanggup mempercepat pekerjaan (Seperti yang telah disebut tadi).

Print Dokumen : Setelah dokumen dibentuk dalam bentuk digital, hasilnya sanggup kita cetak (Print) ke kertas dengan cepat.

Membuat Surat : Terdapat banyak sekali format dokumen, salah satunya yakni surat (Baca : Cara Membuat KOP Surat Di Word)

Membuat Undangan : Desain undangan, selain sanggup dibentuk lewat aplikasi pengolah grafis, juga sanggup dibentuk memakai Office Word.

Memberi Gambar Pada Dokumen : Menyatukan gambar dengan dokumen sanggup dilakukan lewat Office Word. Bahkan sanggup dicetak juga.

Membuat Dokumen Bergaya Tipografi : Cukup gampang menciptakan dokumen bergaya Tipografi di Word. Karena memang terdapat banyak sekali jenis Font yang sanggup kita atur sedemikian rupa.

Membuat Tabel : Untuk dokumen tertentu, tabel kadang dibutuhkan supaya lebih gampang dibaca. Di Office Word, fitur tabel ini sudah tersedia.

Membuat Format Dokumen Tertentu : Office Word mendukung banyak sekali format penyimpanan dokumen. Contohnya, ibarat membuat PDF dari Office Word.


Sejarah Microsoft Word


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Seperti yang sempat kita bahas tadi, pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word. Aplikasi ini dibentuk oleh Charles Simonyi dan dibantu oleh Richard Brodie.

Awalnya, Office Word hanya gres sanggup dijalankan untuk sistem Xenix dan MS-DOS. Awalnya, fitur yang tersedia masih terbatas. Karena hanya sanggup melaksanakan undo, underline, italic dan underline pada textnya.

Tapi seiring berjalannya waktu, aplikasi ini terus dikembangkan. Terdapat banyak sekali tunjangan dan fitur-fitur baru, ibarat support MacOS, format .RTF dan peningkatan desain, sampai hasilnya menjadi Office Word ibarat yang kita kenal sekarang.

Dalam perkembangannya, ada beberapa fitur yang disematkan Office Word, diantaranya :


WYSIWYG (what-you-see-is-what-you-get) : Artinya menciptakan semua text pada dokumen yang ditulis (Dan ditampilkan layar), akan sama hasilnya dengan yang dicetak nantinya.

Koreksi Kata : Salah ketik atau biasa kita sebut typo memang sering terjadi. Di Office Word, hal ini sanggup dikoreksi secara otomatis.

Gaya Text : Maksudnya ibarat Italic, Bold, Underline.

Format Dokumen : Maksudnya yakni gaya atau tata letak dokumen. Seperti text tulisan posisi ditengah, rata kiri atau rata kanan.


Dan lain-lain.


Format Yang Didukung Microsoft Word


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Seperti yang kita tahu, terdapat banyak sekali jenis format dokumen yang ada di Komputer. Setiap format ini, ada yang hanya sanggup dibuka dengan Aplikasi tertentu.

Berikut ini yakni format dokumen yang didukung oleh Microsoft Office Word.


  • Doc : Format ini biasa digunakan pada Microsoft Office versi 2007 kebawah.
  • Docx : Setelah versi Office 2007, tunjangan Docx menjadi lebih diutamakan.
  • Html / Htm : Format penulisan untuk dokumen versi web.
  • RTF : Rich Text Format. Biasa digunakan oleh banyak aplikasi tulisan.
  • PDF : Format dokumen yang mendukung gambar + tulisan. Biasa digunakan untuk Ebook.
  • TXT : Format text universal yang didukung oleh banyak sistem Komputer.
  • WPS : Versi dokumen yang didukung oleh Office versi Android.
  • XPS : Format dokumen yang dikembangkan oleh Microsoft. 


Dan masih banyak lagi..


Cara Membuka Microsoft Word Di Komputer


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Untuk membuka Office Word, pertama yang harus dilakukan tentu kita harus menginstall softwarenya terlebih dahulu.

Tapi, kalau Anda pengguna Laptop atau Komputer yang sistemnya sudah terinstall satu paket dengan Office Word, maka Anda sanggup eksklusif membukanya.

Caranya ibarat berikut :

  1. Buka My Computer atau This PC (Pada Windows 7,8,10)
  2. Masuk ke Drive sistem. Misalnya C:\
  3. Masuk ke Folder Program Files (32 bit) atau Program Files (X86) (64 bit) > Kemudian masuk lagi ke Folder Microsoft Office Word.
  4. Cari folder Office. Sesuaikan dengan versi, contohnya Office12
  5. Cari dan buka aplikasi berjulukan WINWORD.exe 


Dengan begitu Office Word akan otomatis terbuka. Anda tinggal tunggu saja loadingnya selama beberapa saat.


Versi Microsoft Word


 yang dikala ini terus dikembangkan dengan tujuan untuk mempersingkat pekerjaan Pengertian Microsoft Word, Fungsi Dan Manfaatnya | Lengkap


Untuk versi yang tersedia, sampai dikala ini sanggup dibilang sudah tidak mengecewakan beragam. Sebagai informasi, berikut daftarnya.. Dihitung dari 1990 (Menurut Wikipedia) :


Word 1.1 : Versi ini dirilis pada tahun 1990, satu paket dengan Office 1.0 sampai Office 1.6.

Word 2.0c : Dirilis pada tahun 1993, satu paket dengan Office 2.0.

Word 6.0 : Dirilis pada tahun 1994 untuk Office 4.0, 4.3 dan 4.2 NT.

Office Word 95 : Office Word yang satu paket dengan Windows 95.

Office Word 97 : Dirilis pada tahun 1996 memakai CD-ROM. Sebenarnya dilanjut lagi ke versi Word 98 (Tapi tidak saya bahas disini).

Office Word 2000 : Versi Word yang support untuk Windows XP. Versi ini juga yakni yang terakhir support Windows 95.

Office Word 2001 : Update dari versi sebelumnya. Dikenal juga dengan nama Word X.

Office Word 2002 : Berada satu paket dengan Office XP. Di versi ini fitur 'Task Panes' diperkenalkan.

Office Word 2003 : Versi yang biasa kita lihat pada Komputer print di pinggir jalan. Hingga kini masih cukup banyak dipakai.

Office Word 2004 : Untuk fiturnya kurang lebih tidak jauh beda dengan sebelumnya. Hanya saja versi ini lebih difokuskan untuk MacOS.

Office Word 2007 : Awal dimana format XML diperkenalkan. Interface aplikasinya juga sudah didesain ulang supaya lebih gampang dipakai.

Office Word 2010 : Office ini terkenal di kalangan pengguna Windows 7 (Yang memang sangat terkenal dikala itu). Terdapat beberapa fitur dan peningkatan desain dari versi sebelumnya.

Office Word 2011 : Difokuskan untuk MacOS dengan fitur yang ibarat dengan versi Word sebelumnya.

Office Word 2013 : Di versi ini desain Aplikasi menjadi lebih clean atau rapih. Terdapat juga fitur One Drive yang menciptakan dokumen sanggup otomatis disimpan dalam penyimpanan cloud.

Office Word 2016 : Terdapat peningkatan pada beberapa fitur. Dirilis untuk dua versi, yakni Home dan Bussiness.


Pembahasan diatas hanya sebatas untuk sistem operasi Komputer ya. Well, alasannya yakni ada juga versi lain ibarat Word Online dan lain-lain.


Penutup...


Demikian, isu dari .com perihal Fungsi Microsoft Word, Pengertian Microsoft Word dan manfaatnya. Artikel ini ditulis untuk memang yang sedang cari informasinya, atau mungkin sedang ada kiprah sekolah.

Semua yang ditulis sudah 100% akurat, menurut sumber terpercaya. Kaprikornus nggak perlu khawatir salah informasi.

Tapi, kalau ada yang perlu dikoreksi, jangan ragu untuk mengirimkan sarannya lewat kolom komentar dibawah. Supaya nanti sanggup saya update.

Semoga bermanfaat.

0 komentar