Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap

Membicarakan soal software komputer, memang tidak akan ada habisnya. Hingga dikala ini, mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis.

Walau begitu, tentu tidak semua software populer disemua kalangan. Hanya ada sebagian yang banyak diketahui dan banyak digunakan oleh pengguna komputer. Semisal salah satunya yakni Corel Draw.

Berikut ini kita akan membahas pengertian Corel Draw, fungsi Corel Draw, kegunaan dan sejarah wacana aplikasinya.


 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap


Tujuan dari artikel ini sama ibarat pengertian Photoshop yang pernah saya bagikan sebelumnya. Yakni untuk mengembangkan pengetahuan untuk yang belum kenal Corel Draw..

Atau mungkin bagi ada yang punya kiprah IT wacana apa itu Corel Draw? Karena software ini memang banyak dibahas pada pelajaran sekolah.

Berikut pembahasannya :


 Pengertian Corel Draw

 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap
Gambar Vector Seperti Ini Bisa Didesain Dengan Corel Draw

Apa itu Corel Draw? Singkatnya, Corel Draw yakni sebuah aplikasi grafis dibidang vektor, ilustrasi, dan editing foto. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Corel yang berasal dari Ottawa (Ibu kota Kanada).

Corel Draw bagi para desainer grafis bukanlah software yang absurd lagi. Karena fungsinya sebagai pengolah grafis, cukup membantu untuk menciptakan gambar atau skema tertentu.

Tidak heran, tidak sedikit perusahaan (Terutama yang bergerak di bidang percetakan) menggunakan Corel Draw sebagai salah satu aplikasi wajibnya.


Sejarah Corel Draw


 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap


Awalnya, perusahaan Corel Corporation didirikan oleh Michael Cowpland pada tahun 1985. 2 tahun lalu atau pada 1987, Corel merekrut programmer Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan software bidang editing grafis vektor.

Program tersebut dinamakan Corel Draw. Corel Draw pertama kali dirilis pada tahun 1989 dengan versi awal 1.

Dan seiring perkembangannya, sampai sekarang Corel Draw telah digunakan oleh puluhan juta pengguna Komputer dari seluruh dunia.


Fungsi Corel Draw

 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap
Beberapa fungsi yang sanggup dilakukan di Corel Draw (Sumber : coreldraw.com)


Membuat Gambar Vector : Vector yakni jenis gambar dimana kalau diperbesar hasilnya tidak akan pecah. Pembuatan gambar vector sendiri hanya ada sekian software yang mendukung. Dan salah satu yang populer yakni Corel Draw.

Pembuatan Ilustrasi : Saat ini kebutuhan gambaran cukup tinggi untuk banyak sekali keperluan (misalnya Advertising). Dengan Corel Draw, pembuatan Ilustrasi sanggup dilakukan. Hasilnya juga populer berkualitas tinggi.

Pembuatan Logo : Banyak sekali perusahaan yang menggunakan Corel Draw untuk mendesain logo brand mereka. Terutama kalau yang bekerjasama dengan logo dua dimensi.

Pembuatan Brosur, Undangan Dan Sejenisnya : Di Indonesia hal ini cukup banyak dicari. Lewat Corel Draw, desain ibarat undangan, brosur sanggup dibentuk beragam, alasannya yakni font serta gambaran yang sanggup dibentuk sangat bermacam-macam.

Pembuatan Cover Buku : Perusahaan penerbit juga biasanya menggunakan Corel Draw untuk mendesain cover buku yang akan mereka terbitkan. Sebagai contoh, kalau Anda pernah melihat buku tutorial menggunakan Corel Draw, mungkin sampulnya juga didesain dengan aplikasi ini.

Pembuatan Infografis : Infografis yakni kumpulan info tertentu yang dikemas secara menarik dalam bentuk gambar. Pembuatan infografis, membutuhkan software tertentu ibarat Corel Draw.

Software Editing Foto : Walau populer sebagai aplikasi pembuatan vector, Corel Draw juga bersama-sama sanggup digunakan sebagai aplikasi editing foto. Bahkan aplikasi ini mendukung fitur editing menarik untuk meningkatkan kualitas foto (Contohnya sanggup baca : Cara Menghilangkan Background Foto Di Corel)

Software Tipografi : Jenis goresan pena yang terlihat menarik dengan font yang telah diatur sedemikian rupa. Pembuatan tipografi ini sanggup dilakukan menggunakan Corel Draw.

Software Untuk Membantu Desain Web : Untuk mendesain website semoga User Interface terlihat menarik dan gampang digunakan, akan lebih baik kalau dibantu oleh software tertentu. Dengan Corel Draw, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Karena beberapa fiturnya sanggup membantu Anda.

Dan Lain-Lain : Layaknya aplikasi desain grafis pada umumnya, fungsi keseluruhan dari Corel Draw tidak sanggup dijelaskan semua. Karena keperluan penggunaannya memang berbeda-beda.




Versi Corel Draw Dari Masa Ke Masa


 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap


Corel Draw 1.0 : Dirilis pada tahun 1989. Mendukung sistem operasi Windows 3.0 dan 3.1. Pada versi ini pembuatan desain untuk kop surat, seruan atau brosur sudah dimungkinkan.

Corel Draw 2.0 : Setelah versi 1.0 mendapat beberapa kali update, Corel Draw 2.0 alhasil dirilis pada tahun 1990. Terdapat beberapa update ibarat Envelope Tool dan fitur Perspective.

Corel Draw 2.5 : Versi ini dirilis pada september tahun 1991, sebagai pengembangan dari versi sebelumnya.

Corel Draw 3.0 : Dirilis pada tahun 1992. Terdapat update untuk menciptakan penggunaan memori menjadi lebih efisien, juga fitur gres untuk preview hasil desain.

Corel Draw 4.0 : Dirilis pada tahun 1993. Terdapat peningkatan fitur multi-page dan dimungkinkan untuk digunakan sebagai software dekstop publishing.

Corel Draw 5.0 :  Pada versi ini terdapat update fitur yang membuatnya menjadi lebih populer dikalangan desainer grafis. Misalnya Color Management, Display Calibration, Lens effect, Bitmap effect dan lain-lain. Versi ini dirilis pada tahun 1994.

Corel Draw 6.0 : Dirilis pada tahun 1995. Aplikasi ini sudah ditingkatkan untuk support Windows 95, sehingga cocok untuk dijalankan pada sistem operasi arsitektur 32-bit.

Corel Draw 7.0 : Dirilis pada tahun 1996. Di versi ini terdapat banyak sekali tool dan fitur baru. Misalnya Blend Tool, Transparency Tool, Spell Checker, Print Review dan lain-lain.

Corel Draw 8.0 : Dirilis pada tahun 1997. Desain versi ini dibentuk lebih modern dari versi sebelumnya. Terdapat juga update fitur Drop Shadows, Distortion dan lain-lain.

Corel Draw 9.0 : Pengembangan dari versi sebelumnya. Terdapat penambahan fitur untuk pembuatan animasi vector, pembuatan elemen website dan masih banyak lagi. Dirilis pada tahun 1999.

Corel Draw 10.0 : Dirilis pada tahun 2000, pada versi ini penyimpanan file grafis berformat SVG telah diterapkan.

Corel Draw 11.0 : Dirilis pada tahun 2002. Terdapat peningkatan mencolok pada fitur untuk desain website.

Corel Draw 12.0 : Satu tahun sehabis versi sebelumnya, yakni pada 2003, Corel Draw versi 12.0 dirilis. Untuk versi ini terdapat peningkatan fitur yang memungkinkan pembuatan gambar menjadi lebih presisi.

Corel Draw X3 : 2005 yakni awal dimana penyebutan versi Corel Draw berubah. Pada Corel Draw X3 ini, terdapat peningkatan User Interface serta fitur yang cukup signifikan.

Corel Draw X4 : Versi Corel Draw yang dirilis pada tahun 2008 ini dibentuk untuk meningkatkan kompabilitas dengan Windows Vista. Terkenal dengan salah satu updatenya untuk support file .RAW.

Corel Draw X5 : Dirilis pada tahun 2010. Versi ini sudah distabilkan untuk sistem operasi Windows 7 dan untuk Processor Multi-Core keatas. Tentu saja terdapat juga peningkatan fitur dalam segi desain, contohnya mesh tool dengan transparansi, pixel view, dan update derma format file.

Corel Draw X6 : Dirilis pada tahun 2012 sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya. Di update ini, telah tersedia versi 32-bit dan 64-bit.

Corel Draw X7 : Versi yang dirilis pada tahun 2014 ini masih cukup banyak digunakan sampai kini. Interfacenya telah didesain menjadi Flat serta terdapat banyak update baru, yang menciptakan penggambaran menjadi lebih presisi, serta fitur Photo Editing menjadi lebih beragam.

Corel Draw X8 : Versi pengembangan dari sebelumnya. Dirilis pada tahun 2016. Telah didesain untuk support Windows 10 serta desain pada monitor 4K multi-monitor.

Corel Draw 2017 : Kebutuhan desain meningkat ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Pada versi ini, Corel Draw mengupdate banyak fungsi baru. Salah satunya ialah support touch-screen atau tablet.

Corel Draw 2018 : Di versi ini populer dengan update redesign interface serta performa yang lebih baik dari sebelumnya. Juga terdapat bermacam-macam fitur gres yang menciptakan desain menjadi lebih menarik.


Format Yang Support Corel Draw

 mungkin sudah ada puluhan ribu bahkan lebih software yang telah dirilis Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kegunaan Dan Sejarahnya | Lengkap


Sebenarnya, Corel Draw dikala ini telah mendukung lebih dari 100 format file yang bekerjasama dengan grafis. Termasuk .AI .PNG .JPG .PDF .SVG dan lain-lain. Tapi secara garis besar, ada 3 format yang bekerjasama eksklusif dengan Corel Draw, yaitu :

CDX : Adalah berkas Corel yang telah terkompress, sehingga secara ukuran jadi lebih kecil. .CDX juga merupakan berkas Corel untuk presentasi.

CDT : .CDT ini yakni berkas khusus untuk template dari aplikasi Corel Draw.

CDR : Format yang secara umum ditemui di Corel Draw. Bisa dari hasil penyimpanan desain sebelumnya.


System Requirements Untuk Corel Draw


Seperti yang kita bahas tadi, Corel Draw mempunyai versi berbeda-beda, yang dirilis pada tahun yang berbeda-beda juga. Makara system requirements yang diperlukan juga beragam, menyesuaikan perkembangan hardware yang ada.

Nah, sebagai contoh, berikut ini yakni system requirements untuk Corel Draw versi terbaru :

  • Processor : Intel Core I3/I5/I7 atau AMD Athlon 64. Untuk kelancaran desain, lebih tinggi lebih baik.
  • RAM : 2GB.
  • Harddisk : 2.5GB atau menyesuaikan.
  • Monitor : Touchscreen atau tablet. Optional, alasannya yakni tidak semua monitor mendukung fitur tersebut. Minimal resolusi 1280x720 (HD).
  • Kebutuhan sistem : NET Framework 4.7.
  • Sistem Operasi : Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 7 32-bit atau 64-bit.


Selain Windows, MacOS dan Linux juga mendukung untuk menjalankan Corel Draw. Hanya saja versinya harus diperhatikan semoga sesuai.


Penutup...


Demikian info wacana pengertian Corel Draw, fungsi Corel Draw, Sejarah serta kegunaannya. Pembahasan disini saya buat lengkap serta saya buat semudah mungkin untuk dipahami, semoga cocok untuk para pelajar.

Tapi tentu saja.. Kalau ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya lewat kolom komentar dibawah. Termasuk kalau ada yang perlu direvisi juga.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat!

0 komentar