Hp Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)

HP Stuck Di Logo - Pernahkah Anda mengalami hal ini? Kalau saya, jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya.

Definisi dari Errornya, ialah waktu HP dinyalakan, hanya muncul Logo dari brand HPnya saja. Dan itu nggak lanjut-lanjut ke proses loading booting, makanya dikatakan Stuck (Berhenti).

Semua brand HP Android sanggup mendapati kerusakan ini. Samsung, Xiaomi, Lenovo, ASUS, OPPO, VIVO, Huawei, dan lain-lain.


 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)


Alasan saya menulis artikel ini, alasannya ialah saya gres saja mengalaminya beberapa waktu lalu.

Lewat sana, saya mendapat ilham untuk membagikan bagaimana cara mengatasinya. Pasti banyak banget yang butuh.

Kita mulai dari penyebabnya..


Penyebab HP Di Logo Loading


Kesalahan Sistem : Misalnya alasannya ialah HP nggak dimatikan dengan benar, atau baterai tiba-tiba habis. Biasanya suka terjadi kesalahan sistem, yang menciptakan proses booting jadi Error.

Efek Root : Root Android memang nggak selamanya 100% berhasil. Kalau prosesnya gagal, sanggup menciptakan sistem jadi Error.

Efek Install Aplikasi : Terutama Aplikasi yang berafiliasi dengan sistem. Walaupun ya.. Ini agak jarang terjadi.

Efek Install ROM : Bisa dari oprek atau alasannya ialah Flash ulang memakai  ROM yang salah (Atau terdapat Bug didalamnya). Ini umum terjadi.


Masih ada lagi.. Tapi saya pikir nggak perlu dibahas semua (Yang pentingnya saja).

Oh ya, Stuck Logo yang saya maksud disini, bukan Bootloop yang biasa dibahas ya. Maksud 'Logo' disini ialah nama brand yang muncul, persis saat HP gres dinyalakan, dan sebelum proses boot dimulai.

Kalau mau mengatasi Bootloop, silakan baca salah satu artikel usang saya (Cara Mengatasi HP Android Yang Error Bootloop).

Lanjut.. Ke cara mengatasinya..




Cara Mengatasi HP Stuck Di Logo


1. Matikan HP Sementara


 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)


Mulai dari yang mudah saja dulu. Yap, matikan HP sementara.

Ini ditujukan, untuk me-refresh sistem dan menciptakan Bug yang ada jadi hilang. Well, saya sendiri sudah beberapa kali mencoba trik ini, dan berhasil.

Silakan matikan HP Anda > Lepas baterainya (Kalau bisa) > Lalu lepas kartu Memori dan kartu SIM yang terpasang.

Ulangi langkah ini beberapa kali kalau belum berhasil.


2. Clear Cache HP


 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)


HP Android, selama digunakan akan selalu menciptakan yang namanya Data Cache. Fungsinya? Untuk menyimpan File konfigurasi, sekaligus mempercepat kinerja.

Sayangnya, terkadang Error juga sanggup terdata di File Cache ini, yang akibatnya mengganggu kerja sistem. Salah satu efeknya menyerupai gangguan proses booting yang kita bahas disini.

Untuk cara Clear Cachenya, sanggup dilakukan lewat Recovery > Dengan menentukan opsi Clear Cache Partition dan Clear Dalvik Cache > Setelah itu Restart.

Sedangkan untuk masuk ke mode Recovery, sanggup dilakukan menggunakan kombinasi tombol tertentu, menyerupai yang pernah saya bahas di Tombol Recovery Android.


3. Clear Data HP (Factory Reset)


 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)

Error pada sistem, sanggup kita hilangkan hingga ke akar-akarnya, dengan cara melaksanakan Factory Reset. Kaprikornus sanggup dibilang cara ini sangat efektif.

Untuk cara resetnya, alasannya ialah HP nggak sanggup masuk sistem, Anda sanggup menggunakan mode Recovery persis menyerupai Clear Cache tadi. Disana terdapat opsi Factory Reset. 

Oh ya, kenapa saya pisah dengan metode Clear Cache, walau sama-sama harus lewat Recovery?

Alasannya, melaksanakan Factory Reset, akan menghilangkan semua data di HP, baik itu Aplikasi, maupun File Media. Kaprikornus silakan pertimbangkan terlebih dahulu.

Dan perlu diketahui, pada beberapa HP, pilihannya biasanya ada 2 opsi, Wipe Data dan Wipe sistem. Cukup lakukan Wipe Data saja, alasannya ialah kalau hingga Wipe sistem dipilih, maka HP bukan Stuck logo lagi, malah jadi nggak ada gambar (Blank).

Ini pernah ditanyakan oleh seorang pembaca situs ini, melalui Email yang dikirim ke saya. Kaprikornus harap lebih diperhatikan.


4. Flash Ulang HP Anda


 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)


Beda dengan metode Recovery, baik itu Cache maupun Factory Reset, melaksanakan Flash ulang akan 100% mengganti sistem usang ke sistem yang baru.

Hasilnya tentu sanggup diketahui. Semua Error yang ada akan hilang, dan HP dijamin akan jadi normal kembali.

Cara ini saya rekomendasikan, kalau memang 3 cara sebelumnya belum berhasil. Untuk metode Flashnya, sanggup menggunakan Aplikasi tertentu (Seperti QFIL). 

Sedikit catatan, alasannya ialah sistem Android berbeda-beda, melaksanakan Flash HP harus diadaptasi dengan tipe HP yang dipakai. 

Untuk lengkapnya silakan cari di Google, atau coba gabung grup Facebook (Forum) HP Anda. Misalnya grup Xiaomi Redmi 5A.


5. Servis HP Anda



 jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)


Kalau Anda nggak berani masuk Recovery maupun Flash ulang, disarankan untuk bawa saja ke daerah servis.

Alasannya, dua cara tersebut memang sanggup menciptakan Error lain kalau nggak dilakukan dengan benar. Terutama Flashing, kalau salah, sanggup menciptakan HP jadi nggak sanggup hidup.

Untuk prosesnya sendiri nggak begitu lama. 1 - 3 hari biasanya sudah selesai. Sedangkan untuk biaya Flashnya, rata-rata 50 ribu hingga 100 ribu rupiah (Tergantung tempat). Tapi kalau HP Anda masih garansi, biasanya gratis kalau di Service Center.



Akhir Kata...


Memperbaiki HP stuck di logo memang nggak begitu sulit, alasannya ialah rata-rata penyebabnya hanya dari sistem. Nah, dengan metode diatas, dijamin 100% HP akan jadi normal kembali. Karena saya sendiri sudah sering mengalaminya.

Pembahasan ini saya buat sebisa mungkin, semoga sanggup dipahami oleh pemula. Tapi jikalau Anda ada istilah atau langkah yang belum paham, silakan kirimkan pertanyaannya lewat kolom komentar, yang tersedia dibawah.

Semoga membantu, dan semoga HPnya sanggup normal lagi.


0 komentar