(+Gambar) Cara Mengetahui Ukuran Layar Hp Android (Akurat)

Mengetahui ukuran layar HP buat apa sih? Sekilas memang terdengar nggak begitu penting. Tapi buat saya pribadi, niscaya ada juga yang membutuhkannya untuk hal tertentu.

Misalnya? Macam-macam. Mungkin untuk dijual, atau untuk mengecek seberapa besar layar dalam satuan CM atau inci.

Tapi dikala ini, nggak sedikit juga yang belum mengetahui metode untuk pengecekannya. Untuk itulah saya ingin membahasnya disini.


 Mengetahui ukuran layar HP buat apa sih (+Gambar) Cara Mengetahui Ukuran Layar HP Android (Akurat)


Oke.. Untuk metode mengeceknya, ada dua yang biasa saya lakukan. Yakni menggunakan Aplikasi dan tanpa Aplikasi.

Ukuran layar yang akan saya bahas ini sudah termasuk Resolusi, satuan inci dan ukuran dalam satuan milimeter.

Silakan pakai cara yang Anda butuhkan.




Cara Mengetahui Ukuran Layar HP Android


1. Cek Pada Kardus HP


 Mengetahui ukuran layar HP buat apa sih (+Gambar) Cara Mengetahui Ukuran Layar HP Android (Akurat)

Waktu beli HP niscaya sanggup kardusnya kan? Nah ini jangan hingga dibuang ya..

Karena selain sanggup menaikkan harga HP waktu dijual kembali, kita juga sanggup melihat beberapa spesifikasi singkat disana.

Termasuk ukuran dan resolusi layar, biasanya sudah tercatat pada kardus tersebut (Untuk ukuran layar terhitung dalam satuan Inci). 




2. Memakai Aplikasi Pengecek Ukuran Layar




Ini yaitu Aplikasi yang memang didesain khusus, untuk menampilkan informasi ukuran layar secara akurat ya.

Di Playstore dikala ini ada cukup banyak Aplikasi jenis ini. Anda sanggup mencobanya yang mana saja yang sesuai dengan Anda.

Contohnya ibarat Screen Size pada gambar diatas.


3. Memakai CPU-Z




Kalau CPU-Z ini selain digunakan untuk mengetahui dimensi layar, juga biasa saya gunakan untuk mengecek spek keseluruhan HP + DPI pada layar.

Memang dari dulu Aplikasi ini sudah sangat terkenal. Informasi yang diberikan juga sanggup dibilang hampir 100% akurat.. Makara saya sangat menyarankan biar Anda mencobanya.

Silakan Install dulu dari Playstore, sesudah itu buka. Nanti Anda akan melihat informasi layarnya pada sajian Hardware.


4. Lewat Internet




Tips ini sangat saya rekomendasikan. Terutama kalau Anda ingin mengetahui ukuran resolusi atau layar sebuah HP, tapi belum punya HPnya (Baru mau beli misalnya).

Caranya gimana? Gampang sekali. Cukup cari di Google "Ukuran Layar HP Tipe HP" maka nanti akan muncul informasinya (Cek gambar diatas contohnya).

Kalau nggak ada, coba cari lagi di situs-situs lainnya hingga ketemu. Dengan catatan, HP yang kau cari memang sudah dirilis ya.

By the way, rujukan gambar diatas saya pakai bahasa Inggris ya. Tapi nggak beda jauh dengan bahasa Indonesia kok.


5. Lewat GSMArena




Sebenarnya ini masih sehubungan dengan poin sebelumnya (Cek spek lewat internet). Tapi saya sengaja pisah supaya lebih gampang dimengerti.

Apa itu GSMArena? Singkatnya GSMArena ini yaitu sebuah situs informasi spesifikasi HP. Lengkap dari keluaran lama, hingga yang terbaru (Yang belum Launching juga biasanya bahkan ada).

Situs ini menyajikan informasi spek yang sangat akurat. Makara nggak heran, banyak situs-situs isu yang juga menggunakan situs ini sebagai sumber.

Terus gimana caranya? Sama juga sih ibarat sebelumnya. Coba cari "Tipe HP GSMArena" (Misalnya Xiaomi Redmi Note 5 GSMArena) kemudian kunjungi halaman hasilnya. 


Yang Mana Yang Paling Akurat?


Kalau yang ini nggak perlu khawatir ya.. Semuanya sama-sama akurat. Makara mau pakai cara yang mana saja oke, sesuaikan saja dengan keinginan.

Kalau saya sendiri sih ganti-ganti tergantung kebutuhan. Misalnya mau cek HP belum rilis, pakai GSMArena.

Kalau lagi cari isu HP, lewat Google (Nomor 4), atau kalau mau sekalian lihat spek, maka pakai CPU-Z.



Penutup...


Demikian, sedikit informasi ihwal cara mengetahui ukuran resolusi layar HP Android. Disini saya tulis yang kira-kira paling akurat saja. Makara ibarat yang dibilang sebelumnya, nggak perlu khawatir.

Kalau ada informasi lain yang mau ditanya seputar spek Android, silakan tanya menggunakan kolom komentar yang disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 komentar