Apa Itu Booting? Ini Klarifikasi Dan Pengertian Booting

Booting - Bagi pengguna Komputer atau Laptop, niscaya sering mendengar istilah ini. Setidaknya satu atau dua kali.

Saya sendiri di situs ini, ketika menciptakan tutorial memperbaiki Windows Error, terkadang suka menyebut istilah Booting.

Nah, disana beberapa ada juga yang bingung, perihal apa itu bekerjsama Booting? Dan apa sih pengertian Booting?


 ketika menciptakan tutorial memperbaiki Windows Error Apa Itu Booting? Ini Penjelasan Dan Pengertian Booting


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, disini saya ingin menjelaskannya.

Karena selain sering didengar, istilah ini juga termasuk dalam ilmu Basic Komputer. Makara saya rasa memang harus dimengerti.

Oke, eksklusif saja, berikut pembahasannya :


Apa Itu Booting? Berikut Pengertian Booting


Singkatnya, Booting ialah istilah yang dipakai, untuk menyebut proses loading awal ketika kita menghidupkan Komputer. Proses tersebut bertujuan, untuk menilik Hardware serta memuat Software, sebelum Komputer sanggup digunakan.

Contoh mudahnya, coba Anda nyalakan Komputer atau Laptop Anda. Sebelum memasuki Windows, akan muncul sebuah layar BIOS bukan? (Yang ada goresan pena F1 / F12 / ESC untuk masuk ke Boot Menu).

Atau juga, Anda niscaya selalu melihat logo Windows sedang loading sehabis Komputer melalui layar BIOS. Proses-proses inilah yang disebut Booting.


Tujuan Booting Dan Prosesnya


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Booting ini ditujukan untuk menilik Hardware (Istilahnya POST) serta memuat Software, biar sistem yang terinstall di Komputer sanggup dimuat secara sempurna.

Jika proses investigasi Hardware serta Software berjalan normal, BIOS akan mencari Boot Sector, kemudian proses Booting akan terus berlangsung hingga masuk ke tampilan utama Operating Sistem (OS).

Namun jikalau terdapat masalah, biasanya prosesnya terhenti. Entah menampilkan pesan Error (Seperti pesan Error Proper Boot Device), keluar suara Beep dari Speaker, atau hanya menampilkan layar gelap saja (Blackscreen).


Proses Booting (Lebih Lengkap)


1. Komputer Dinyalakan : Ya, dinyalakan melalui tombol Power menyerupai yang biasa kita lakukan.

2. Pengecekan Power Komputer : Pada proses ini, Power Supply akan mengirimkan sinyal bahwa listrik yang dialirkan berjalan normal.

3. CPU Aktif : Jika power Komputer normal, maka CPU akan otomatis aktif, dan akan memuat BIOS.

4. Proses Pengecekan Hardware : BIOS akan melaksanakan pengecekan Hardware (POST).

5. Pemuatan Driver : Semua Driver komponen akan dimuat dan dijalankan.

6. Kartu Grafis Dimuat : Pada proses ini, kartu Grafis akan otomatis berjalan, dan proses boot akan ditampilkan secara visual.

7. Pemuatan Sistem Operasi : BIOS akan memuat Boot Sector, untuk mencari Sistem yang terinstall pada Hardware.

8. Loading Sistem Operasi : Loading awal proses pemuatan sistem operasi. Jika Anda pengguna Windows, Anda sanggup melihat logonya pada proses ini.

9. Proses Selesai : Disini user sudah sanggup menjalankan sendiri Komputer mereka.


Pada dasarnya, banyak yang bilang kalau proses booting itu berakhir pada poin nomor 7. Namun kebawahnya sengaja saya tulis, supaya sanggup lebih dipahami hehe.


(Tambahan : Video Referensi)

Pembahasan proses boot diatas hanyalah secara garis besar saja. Untuk itu, Anda sanggup menonton video tumpuan dari Channel Mr. Ford's Class berikut



Di Video tersebut, dijelaskan seluruh proses Booting dalam citra yang gampang dipahami. Tapi Anda harus paham berbahasa Inggris ya hehe.

Jenis Booting


Booting itu dibagi jadi dua. Namanya Warm Booting, dan Cold Booting. Penjelasan simpelnya menyerupai ini :


Cold Booting : Adalah proses Booting sewaktu Komputer masih dalam keadaan mati. Waktu kita menyalakan Komputer melalui tombol Power itu lho.

Warm Booting : Singkatnya ialah proses pengulangan Booting ketika Komputer sudah menyala. Contoh mudahnya Restart.


Khusus untuk Warm Booting, biasanya lebih sering dilakukan ketika Komputer dalam keadaan macet atau Crash. Tujuannya supaya biar sistem sanggup dimuat ulang.


Penutup...


Demikian, klarifikasi singkat saya perihal klarifikasi dan pengertian Booting. Pembahasan disini saya buat singkat, dan saya buat untuk gampang dimengerti bagi orang awam. Terutama yang lagi berguru Komputer.

Jika Anda masih ada poin yang belum paham, atau ada sesuatu yang ingin ditanyakan seputar hal ini, jangan ragu.. Silakan kirimkan pertanyaan yang diinginkan lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 komentar