Laptop Hang & Macet Dikala Gres Nyala? Ini Cara Mengatasinya!

Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan - Laptop Hang, Macet Tidak Ada Respon Saat Baru Startup - Ini sanggup saja terjadi. Karena saya sendiri sudah pernah mengalaminya beberapa kali.

Oh ya, buat yang belum tahu.. Startup yang dimaksud disini, sanggup tiga hal. Saat Booting, ketika selesai Booting, dan sesudah mau masuk Windows. Kalau bingung, itu lho.. Yang ada goresan pena Starting Windows dan Welcome (Kalau nggak salah).

Efeknya? Well sudah niscaya Laptop jadi nggak sanggup dipakai. Untuk itulah disini saya ingin sedikit membahasnya.


Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Ada banyak penyebab dari duduk kasus Laptop yang macet ketika Startup. Tapi nggak usah ambil pusing, berikut ini ialah hal-hal utama yang biasa terjadi :




Penyebab Laptop Hang Saat Startup


Masalah File Cache Sistem Terlalu Penuh : Nggak usah ribet sama namanya. Maksud Cache disini ialah File sistem yang otomatis muncul ketika Laptop dipakai.  File-file menyerupai ini sanggup memberatkan kinerja Laptop, dan sewaktu-waktu sanggup menciptakan sistem jadi susah loading. Efeknya sanggup dirasa waktu Startup.


Terlalu Banyak Aplikasi Terinstall : Banyak Aplikasi terinstall, akan memberatkan kinerja komponen Laptop (RAM, Processor, Harddisk). Singkatnya ini bukan disebabkan keseluruhan, melainkan pada Aplikasi yang dimuat waktu loading awal.


Terdapat Virus : Virus pada sistem Windows memang cukup umum ditemui. Dan ini sanggup memberatkan kinerja, termasuk waktu proses Start sedang dimulai. Efeknya loading akan melambat.. Dan di waktu tertentu sanggup menciptakan Startup macet bahkan gagal.


Terdapat Kerusakan Pada Sistem : Well, maksudnya disini ialah lantaran Anda memasang Aplikasi tertentu, atau memang merubah suatu File sistem. Ini tentunya sanggup berpengaruh, dan menciptakan sistem jadi nggak normal (Kalau memang ada yang bikin Error).


Harddisk Rusak : Harddisk rusak sanggup saja terjadi di Laptop. Umumnya sih disebabkan lantaran umur Laptop yang sudah terlalu lama, atau lantaran Laptop suka mati sendiri. Sistem akan tersimpan didalam Harddisk. Kalau rusak, tentu saja akan dampak terhadap sistem, termasuk ketika gres dijalankan.




Cara Mengatasi Laptop Macet Ketika Baru Dinyalakan


Untuk penyebabnya itu saja ya? Yap.. Karena menyerupai yang saya bilang, nggak usah ambil pusing. Kita cukup fokus ke hal-hal tersebut saja.

Nah, berikut ini saya ingin membahas bagaimana cara mengatasi Laptop yang Hang ketika gres dinyalakan.

Tentunya dengan beberapa tips tambahan, supaya Laptop sanggup dipastikan jadi normal kembali.


1. Memakai System Restore Windows



Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Sesuai namanya, System Restore ialah Fitur untuk mengembalikan kondisi sistem ke dalam waktu tertentu (Misalnya dari hari senin balik jadi hari minggu).

Ini akan sangat membantu, untuk memperbaiki sistem yang terdapat bug atau terjadi kesalahan (Error).

Untuk caranya.. Nyalakan Laptop > Setelah layar BIOS > Tekan F6 - F7 atau F8 berulang-ulang (Sampai ada pilihan Safe Mode, Repair dan lain-lain) > Pilih Repair Computer.

Kalau sudah, masuk ke System Restore, dan coba kembalikan Laptop ke Point yang telah ada sebelumnya (Biasanya ada satu atau dua).

Gimana kalau nggak ada? Well, Restore Point tersebut gotong royong wajib. Tapi kalau nggak ada, coba pakai solusi selanjutnya..




2. Reinstall Windows


Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Reinstall Windows gotong royong hampir sama cara kerjanya dengan menggunakan System Restore diatas. Hanya saja ya.. Cara ini 80% jauh lebih efektif, lantaran semua data sistem akan diganti dengan yang baru.

Nah, lantaran data usang > diganti jadi baru. Otomatis semua Bug sanggup dipastikan bakal hilang semua. Kaprikornus duduk kasus Startup juga sudah niscaya bakal hilang.

Caranya gimana? Wah, kalau dibahas disini sudah niscaya akan sangat panjang. Coba cari tutorialnya via Google atau Youtube. Beberapa ada yang membahas cukup Lengkap kok.




3. Bersihkan File Sampah Di Windows



Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Yap, File sampah yang saya maksud disini, ialah File Cache menyerupai yang dibahas di awal tadi.

To the Point saja, cara ini sanggup dilakukan, kalau Anda nggak sanggup melaksanakan System Restore, serta belum memungkinkan melaksanakan install ulang.

Untuk caranya sendiri sanggup lewat Safe Mode > Masuk Fitur Disk Cleanup (Klik kanan Drive C: > Properties > Disk Cleanup > Lalu tunggu Prosesnya).

Dilanjutkan dengan membersihkan File Registry menggunakan Aplikasi tertentu (Seperti CCleaner atau sejenisnya).

Bingung? Well, lengkapnya silakan baca saja di Artikel yang pernah saya bahas (Membersihkan File sampah Windows). Bisa pakai Fitur Search diatas.


4. Melakukan Defragmenter Harddisk



Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!

Sama menyerupai File Sistem, Harddisk semakin usang akan semakin menumpuk File-File yang hasilnya jadi berantakan. File-File ini tentu akan memberatkan kinerja Harddisk sehingga menciptakan kecepatannya melambat.

Terus apa hubungannya dengan Startup yang Hang?

Harddisk ini kuat terhadap kecepatan loading sistem. Semakin banyak File-File menumpuk, akan semakin lambat pula loading Sistem. Dan salah satu imbas hasilnya ialah sering terjadi Hang.

Nah, melaksanakan Defrag Harddisk sanggup membantu untuk mengatasi hal ini. Caranya pada kolom Search > Ketik Defrag > Buka > Klik Analyze > Lalu klik Optimize pada Drive yang diinginkan (Rekomendasi saya semuanya saja).


5. Disable Program Startup


Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Saat Startup dimulai, Laptop akan melaksanakan loading data-data Sistem. Nah ini perlu diketahui, loading tersebut juga termasuk Aplikasi yang terinstall.

Sebenarnya ini normal saja. Namun kalau sudah terlalu banyak, Efeknya sama menyerupai File Cache menyerupai yang telah kita bahas sebelumnya. Belum lagi kalau ada Program rusak, Error Stuck Startup sanggup lebih sering muncul.

Untuk cara mengatasinya, pada kolom Search ketik MSCONFIG > Masuk ke Tab Startup > Lalu hilangkan centang pada Aplikasi-Aplikasi yang tidak diperlukan.

Selanjutnya masuk juga ke Tab Service > Centang opsi Hide All Microsoft Service > Kemudian hilangkan centang pada Aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Oh ya, khusus untuk Windows 10, silakan lakukan lewat Task Manager (Klik Ctrl + Shift + Esc).


6. Cek Kerusakan Harddisk Laptop Anda


Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Saya sempat bilang, Harddisk yang rusak sanggup kuat terhadap kinerja sistem Laptop. Nah, kerusakan yang dimaksud ini ialah Bad Sector.

Apa itu Bad Sector? Bad Sector ialah istilah kerusakan Harddisk, yang menciptakan data-data didalamnya jadi nggak sanggup terbaca. Gampangnya menyerupai goresan pena pada buku yang sudah pudar tidak sanggup terbaca.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengecek dulu, apakah Harddisk Laptopnya masih normal atau nggak. Bisa pakai Aplikasi khusus, menyerupai Harddisk Sentinel atau HDTune.

Kalau rusak, saya sarankan ganti saja Harddisknya, atau coba solusi selanjutnya.


7. Mempertimbangkan Untuk Upgrade SSD


Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan  Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!


Harddisk sudah rusak? Dan sedang mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru? Kalau begitu saya sangat menyarankan untuk Upgrade ke SSD.

Buat yang belum tahu, SSD ialah sebuah komponen penyimpanan, dengan kecepatan baca yang jauh lebih cepat dibanding Harddisk.

Ini tentunya sanggup menciptakan kinerja Laptop secara keseluruhan naik, meningkatkan kecepatan Startup, serta menghilangkan duduk kasus macet ketika Laptop gres dinyalakan.

Saya taruh di poin terakhir ini lantaran sifatnya optional. Kalau mau, Anda tetap sanggup stay dengan Harddisk, terutama kalau memang lebih butuh penyimpanan besar.


Penutup...



Nah, demikian Cara mengatasi Laptop Hang ketika gres dinyalakan dan Hang / Macet ketika gres Startup. Cara ini sanggup digunakan di semua jenis Laptop dan semua versi Windows. Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Setelah berhasil diatasi, saya sarankan juga supaya Laptop kinerjanya selalu dijaga. Terutama kalau sering digunakan ya.. Karena ini sanggup kuat sekali nantinya.

Kalau Anda punya suplemen lain, atau masih ada yang resah pada salah satu langkah, nggak usah repot. Kirimkan saja pertanyaan tersebut lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat ya.

0 komentar