Ketahui Yuk! Perbedaan Man, Lan, Wan, Pan | Lengkap

Berbicara soal teknologi jaringan, ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari. Salah satunya yaitu perbedaan jenis jaringan.

Untuk jenisnya sendiri bahu-membahu tidak begitu banyak. Khusus disini saya ingin membahas 4 jenis, yaitu MAN, LAN, WAN, dan PAN.

Sebetulnya beberapa waktu kemudian saya pernah beri klarifikasi singkat hal ini pada artikel Apa itu jaringan nirkabel. Nah, disini kepikiran lagi untuk menciptakan versi lebih lengkapnya.

 ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari Ketahui Yuk! Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN | Lengkap


Untuk pembahasan awal, kita akan mulai dari pengertian jenis-jenis jaringan tersebut, kemudian dilanjut ke kesimpulan utama.

Dengan begitu, dibutuhkan penjelasannya akan lebih gampang dimengerti dan lebih gampang dipahami.

Oke, silakan disimak :


Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN


1. Pengertian LAN


 ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari Ketahui Yuk! Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN | Lengkap


Mungkin istilah LAN yaitu yang paling sering kita dengar.

LAN yaitu abreviasi dari Local Area Network. LAN ini banyak diketahui mempunyai jangkauan area yang agak pendek. Misalnya untuk rumah.

Walau begitu, untuk jarak maksimal yang didapat dengan LAN ini bahu-membahu sanggup mencapai kurang lebih 1KM. Tapi tergantung pemasangnya juga.. Karena itulah kita lebih sering melihat instalasi jaringan ini di ruangan, rumah atau kelas sekolah.

Untuk teknologi yang digunakan LAN, yaitu Ethernet IEEE 802.3 (Memakai perangkat Switch). Tapi dikala ini, kita lebih umum melihat instalasi LAN dalam jenis jaringan 802.11b atau biasa dikenal sebagai WIFI.

Kegunaan LAN umumnya digunakan untuk membagi resource tertentu. Misalnya sharing data, sharing printer dan lain-lain.

Kalau tertarik menciptakan LAN, Anda sanggup coba baca Cara Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN.


2. Pengertian PAN


 ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari Ketahui Yuk! Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN | Lengkap


PAN yaitu abreviasi dari Personal Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang hanya sanggup digunakan untuk jarak pendek. Misalnya dalam ruangan kecil.

Contoh paling umum untuk menggambarkan PAN sendiri yaitu Bluetooth. Bluetooth mempunyai fungsi untuk melaksanakan komunikasi nirkabel dengan jarak maksimal beberapa meter.

Untuk pola lainnya, Headset Bluetooth juga sanggup diartikan memakai jaringan jenis PAN. Selain itu keyboard USB Wirelles, Printer dan lain-lain.


3. Pengertian MAN


 ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari Ketahui Yuk! Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN | Lengkap

MAN yaitu abreviasi dari Metropolitan Area Network. Jaringan ini mempunyai jangkauan yang tidak mengecewakan luas, yang maksimalnya sanggup mencapai 50 KM.

Untuk jaringan jenis ini kita sanggup menemukannya di lokasi-lokasi yang populer besar. Misalnya kampus, sekolah, gedung, sentra perbelanjaan dan lain-lain.

MAN sanggup juga digunakan untuk menghubungkan lokasi tertentu. Misalnya jaringan pada gedung fakultas A terkoneksi pada jaringan gedung fakultas B.

Dan jikalau membicarakan speed data transfer, alasannya yaitu areanya luas dan penggunanya banyak, MAN ini populer sangat cepat. Namun biasanya instalasi jaringan hanya sanggup dilakukan oleh pihak providernya saja.


4. Pengertian WAN


 ada beberapa hal dasar yang setidaknya perlu dipelajari Ketahui Yuk! Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN | Lengkap

WAN yaitu abreviasi dari Wide Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang paling luas. Bisa mencapai sampai 1000 KM atau bahkan lebih (Sebenarnya ada banyak definisi dari WAN, tapi kurang lebih begitu).

Untuk pola jenis jaringan WAN yaitu koneksi yang Anda pakai untuk membuka situs ini. Yap, internet.

Sama menyerupai MAN, pemasangan WAN biasanya hanya dilakukan oleh provider. Itu juga biasanya membutuhkan satu komputer sebagai server.


Kesimpulan


Perbedaan diantara 4 jaringan ini sanggup dengan gampang kita ketahui dengan melihat jarak maksimal jangkauannya.

Dimana PAN yaitu jaringan dengan jangkauan paling pendek (Hanya beberapa meter), disusul LAN, MAN kemudian WAN dengan jangkauan yang sanggup menghubungkan jaringan sampai jarak 1000 KM.

Untuk kesimpulannya menyerupai berikut :


LAN : Adalah abreviasi dari Local Area Network. Jarak jangkauan dari LAN sanggup mencapai 1 KM. Biasanya digunakan di daerah menyerupai rumah atau ruangan. Fungsi yang paling umum yaitu digunakan untuk menyebarkan resource data.

PAN : Singkatan dari Private Area Network. Jaringan ini mempunyai jarak jangkauan paling pendek, hanya sekitar beberapa meter. Untuk pola PAN ialah Bluetooth, perangkat USB wirelles dan lain-lain.

MAN : Adalah abreviasi dari Metropolitan Area Network. Jarak maksimal yang sanggup dijangkau jaringan ini mencapai 50 KM, dan biasanya digunakan di tempat-tempat besar untuk menghubungkan lokasi-lokasi tertentu.

WAN : Singkatan dari Wide Area Network. Jaringan ini mempunyai jangkauan paling luas, sampai 1000 KM. Contoh jaringan PAN yang sanggup kita ketahui yaitu internet.


Ya, kurang lebih begitu. Semoga gampang dipahami ya..


Tambahan : Pengertian CAN


Umumnya 4 jenis jaringan tersebut yaitu yang paling banyak diketahui. Namun ada lagi satu jenis jaringan yang ingin saya tulis disini, yakni CAN.

CAN yaitu abreviasi dari Cluster Area Network. CAN yaitu jenis jaringan yang mempunyai jangkauan yang luas, tapi tidak seluas MAN, sehingga diberi istilah tersendiri.

Well, tapi sama menyerupai MAN, CAN sanggup kita temukan di lokasi menyerupai perumahan atau sekolah.


Penutup...


Demikian sedikit informasi perihal klarifikasi perbedaan antara LAN, WAN, PAN, MAN (Dan suplemen CAN hehe). Informasi ini saya tujukan untuk Anda yang mungkin sedang mencarinya (Karena nggak sedikit yang ingin mengetahuinya).

Artikel ini saya bahas semudah mungkin untuk dipahami. Tapi jikalau masih ada yang belum / kurang mengerti, jangan ragu untuk menanyakannya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat!

0 komentar